PIALA DUNIA

Piala Dunia Skandal Calciopoli Bawa Italia Juara 2006 Berikut Kisahnya!

piala dunia skandal calciopoli - Ekings

Piala Dunia Skandal Calciopoli Bawa Italia Juara 2006 Berikut Kisahnya! Pada Piala Dunia skandal Calciopoli menjadi kenangan yang mendalam bagi Timnas Italia. Kejadian tersebut berlangsung tahun 2006 lalu.

Siapa sangka meski memiliki skandal yang menghebohkan namun Italia justru membawa pulang trofi juara Piala Dunia.

Adanya kasus pengaturan skor yang terkenal sebagai Calciopoli Serie A menjadi sejarah kelam bagi sepak bola Italia. Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) memberi tindakan tegas atas kejadian tersebut.

Skandal terjadi sebelum berlangsungnya Piala Dunia 2006. Terdapat AC Milan, Fiorentina dan Lazio yang tidak jadi terdegradasi ke Serie B usai mengajukan banding.

Bahkan usai pengadilan banding kasus pengaturan skor, AC Milan masih tetap boleh mengikuti Liga Champions musim 2006/2007.

FIGC memberikan hukuman paling berat untuk Juventus. Meski tidak jadi jatuh ke Serie C1 namun Juventus tetap terdegradasi ke Serie B dan dua gelar Liga Italia Serie A 2005 dan 2006.

Tersangka utama kasus tersebut adalah Luciano Moggi dan Juventus. Banyak yang menyebutkan kasus Calciopoli menjadi Moggiopili.

Piala Dunia Skandal Calciopoli Jadi Moggiopoli

Saat itu di dalam negri masih panas dengan kabar skandal Calciopoli, namun Timnas Italia tetap menatap Piala Dunia 2006.

Mereka terbang ke Jerman yang menjadi tuan rumah dengan pemain tim yang terlibat dalam kasus pengaturan skor.

Meski demikian, pelatih Timnas Italia saat itu Marcelo Lippi memberi dukungan kepada para pemain supaya tampil maksimal.

Italia duduk di Grup E bersama dengan tiga tim kuda hitam yang punya potensi menjungkalkan mereka. Ketiganya adalah Ghana, Republik Ceska hingga Amerika Serikat.

Keterlibatan Moggi membuat skandal ini terkenal pula dengan sebutan Maggiopoli yang sangat terkenal.

Bukan hanya Italia yang akhirnya jadi juara dunia namun juga AC Milan yang akhirnya menjadi juara Liga Champions. Nampaknya skandal membuat Italia jadi punya keberuntungan tersendiri.

AC Milan dan Timnas Italia justru mendapat kebanggan tersendiri di tahun skandal Calciopoli sedang naik daun. Kejadian tersebut tak mungkin terlupakan.

Pada Piala Dunia skandal Calciopoli jadi skandal yang memalukan bagi sepak bola Italia. Italia harus menerima perasaan malu atas skandal tersebut kala bertanding di Piala Dunia.

Salah satu hal menarik yang bakal kalian rasakan ketika menjadi anggota dari situs Ekingsindo adalah bisa bebas mengklaim promo yang ada, seperti welcome bonus 50% slot dan sebagainya.

Baca Juga : Piala Dunia Tsunami 2011 Punya Kisah Menarik bagi Srikandi Jepang Ini Alasannya

Leave a Reply