PIALA DUNIA

Piala Dunia Moggiopoli Kasus Memalukan Juventus yang Tak Terlupakan

piala dunia moggiopoli - Ekings

Piala Dunia Moggiopoli Kasus Memalukan Juventus yang Tak Terlupakan. Pada Piala Dunia Moggiopoli sempat menjadi kasus yang menghebohkan bagi Italia. Namun pada akhirnya Italia bisa menutup kasus tersebut dengan pencapaian prestasi sebagai juara.

Kasus pengaturan skor yang terkenal dengan skandal Moggiopoli sebenarnya bernama Calciopoli di Serie A. Karena keterlibatan presiden Juve Luciano Moggi dalam skanda tersebut akhirnya terkenal dengan Moggiopoli.

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) sudah memberi tindakan tegas memberikan tindakan tegas kepada yang terlibat saat itu.

Tindakan tersebut berhasil memulihkan nama besar Italia di mata dunia. Selain itu juga kepercayaan ini perlu supaya bisa menjaga kepercayaan dunia termasuk pelaku bisnis.

Sejumlah pejabat sepak bola, pemilik klub dan juga pemain bahkan mendapatkan hukuman berat. Namun usai adanya banding sejumlah klub harus degradasi ke Serie B.

Tentu menarik pada akhirnya meliat Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 kala skandal di negaranya sedang meluas. Lalu AC Milan juga menjadi juara di Liga Champions.

Piala Dunia Moggiopoli Jadi Kenangan Buruk

Meski pada akhirnya Italia mampu memperbaiki nama baik timnasnya namun peristiwa Moggiopoli masih tetap jadi salah satu dari peristiwa yang terburuk.

Juventus mendapatkan hukuman paling berat yakni pencabutan gelar serta terdegradasi. Juventus bersama presidennya saat itu jadi tersangka utama kasus tersebut.

Itulah kenapa banyak yang mengingat kasus Calciopoli sebagai kasus Moggiopoli karena nama sang presiden.

Dampaknya juga sangat terasa karena Moggi tak boleh lagi terlibat dalam sepak bola seumur hidupnya. Sejumlah pejabat Juventus hingga wasit mendapatkan hukuman juga dari FIGC.

Sanksi tidak hanya sebatas larangan terlibat di dunia sepak bola namun juga hukuman penjara.

Tak lupa sektor keuangan Juventus langsung goyah karena jatuhnya harga saham mereka. Ini membuat Juventus rela menjual sejumlah pemain bintangnya ke tim lain.

Presiden FIGC saat itu Francos Carraro juga langsung mundur dari jabatannya. Ia juga mendapatkan denda 80 juta euro atau senilai dengan 1,2 miliar.

Kedatangan Italia ke Piala Dunia 2006 Jerman penuh dengan skandal. Beruntung akhirnya meski pada Piala Dunia Moggiopoli membuat para pemain malu karena terlibat, pelatih Timnas Italia optimis dan sukses bawa Italia juara.

Baca Juga : Piala Dunia Skandal Calciopoli Bawa Italia Juara 2006 Berikut Kisahnya!

Leave a Reply