PIALA DUNIA

Piala Dunia Oleg Salenko Real Jual Sepatu Emas Edisi 1994

piala dunia oleg salenko - Ekings

Piala Dunia Oleg Salenko Real Jual Sepatu Emas Edisi 1994. Pada Piala Dunia Oleg Salenko merupakan sosok top skor edisi 1994. Nasibnya tidak terlalu baik karena pada akhirnya ia harus menjual sepatu emas miliknya demi membayar hutang.

Mantan pemain timnas Rusia itu menjual sepatu emas dengan harga 500 ribu USD atau setara dengan Rp7 miliar. Selain itu, Salenko juga menjual beberapa aset berharga miliknya.

Kejadian tersebut terjadi pada tahun 2010 ketika keuangan Salenko terpuruk. Ia terbelit hutang bahkan sampai harus memaksanya untuk melego sepatu emas tersebut.

Sepatu emas itu ia jual kepada sosok Sheik dari Uni Emirat Arab. Salenko sendiri menjualnya bukan karena bangkrut total namun karena ia tidak bisa menolak tawaran yang menggiurkan.

Bayangnkan saja di tahun 90 an mendapat uang miliaran menjadi jumlah uang yang fantastis.

Nama Salenko bukan hanya menjadi top skor Piala Dunia 1994. Ia juga menjadi satu-satunya pemain yang pernah mencetakkan lima gol dalam satu pertandingan.

Prestasinya dalam dunia sepak bola sudah tidak perlu jadi tanda tanya lagi. Salenko mencetakkan lima gol ketika Rusia berhadapan dengan Kamerun di Piala Dunia 1994 fase Grup C.

Dalam ajang tersebut Salenko mendapatkan gelar top skor dengan mencetakkan enam gol di sepanjang turnamen.

Ia tidak sendirian. Ada nama lain yakni Hristo Stoichkov dari Bulgaria juga mencatatkan enam gol sehingga keduanya menjadi top skor bersama di edisi 1994.

Piala Dunia Oleg Salenko Tak Menyesal

Usai menjual sepatu emas nampaknya Salenko tak menyesali perbuatannya. Bagaimanapun juga ia mengambil keputusan tersebut secara sadar.

Ia mengawali karier di dunia sepak bola profesional saat berada di Zenit Leningrad pada 1986.

Masa kejayaannya terjadi ketika membela Dynamo Kiev dengan mempersembahkan trofi Liga Uni Soviet 1990.

Salenko juga sempat mencicip beberapa klub. Ia memutuskan gantung sepatu pada tahun 2001 dengan klub terakhir yang ia bela Pogon di Polandia.

Namanya tercatat dalam sejarah sebagai top skor yang menjual sepatu emasnya. Keputusan semacam ini sangatlah langka.

Pada Piala Dunia Oleg Salenko yang menjual sepatu dengan harga tinggi merupakan keputusan pribadinya sehingga tidak ada yang bisa menggugat.

Baca Juga : Piala Dunia Gol Roket Benjamin Pavard 2018 Beri Dampak Positif untuk Kariernya

Leave a Reply