PIALA DUNIA

Piala Dunia 1938 Sejarah Indonesia Tampil Sebagai Wakil Asia Perdana

piala dunia 1938 sejarah - Ekings

Piala Dunia 1938 Sejarah Indonesia Tampil Sebagai Wakil Asia Perdana. Pada Piala Dunia 1938 sejarah indah terjadi bagi Timnas Indonesia. Pasalnya Timnas Indonesia pernah tanding di edisi tersebut meski masih memakai nama Hindia Belanda.

Seharusnya Timnas Indonesia berangkat ke Piala Dunia 1938 bersama Jepang. Saat itu FIFA memberikan dua slot untuk negara Asia tampil.

Sayangnya Jepang mundur karena perang. Alhasil hanya Timnas Indonesia yang berangkat ke final Piala Dunia 1938.

Sangat sulit mencari tahu rekam jejak pemain Timnas Indonesia 1938 karena minimnya media saat itu. Pertandingan yang berlangsung di Prancis menjadi saksi bisu.

Usai bertanding di Piala Dunua, Timnas Indonesia sempat singgah ke Belanda untuk menjalankan beberapa pertandingan persahabatan.

Lalu ada pemain yang menetap di Belanda dan ada juga yang pulang lagi ke tanah air.

Salah satu kekalahan telak Indonesia yakni kalah dari Hungaria dengan skor 0-6. Timnas Indonesia sempat membobol gawang Hungaria namun wasit menganulir gol tersebut.

Isaac Pattiwael kelahiran 1914 adalah sosok yang membobol gawang Hungaria. Kiper legendaris Antal Szabo kala itu menjaga gawang Hungaria yang sulit tertembus.

Piala Dunia 1938 Sejarah Indonesia Jadi Tim Kurcaci

Uniknya pada edisi 1938 Indonesia mendapat julukan Tim Kurcaci. Pasalnya tubuh para pemain tidak terlalu tinggi berbeda dengan postur pemain Eropa.

Namun dengan postur tubuh yang tak terlalu tinggi tersebut para pemain Timnas Indonesia mampu menampilkan gaya main yang menggiurkan dan terbuka. Kelemahan Timnas Indonesia ada di lini bertahan.

Masyarakat Indonesia perlu bangga dengan penampilan Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938. Pasalnya, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang mentas dalam ajang empat tahunan tersebut.

FIFA sudah mengakui jika Indonesia yang kala itu masih Hindia Belanda tampil perdana untuk zona Asia.

Melihat Indonesia adalah negara pertama tentu sangat menarik meski sampai saat ini Indonesia di Piala Dunia belum bisa menampilkan hasil yang baik.

Timnas Indonesia di edisi 2022 gagal tampil bahkan berakhir buruk dalam kualifikasi zona Asia.

Setidaknya di masa lalu Piala Dunia 1938 sejarah Indonesia menjadi tim pertama menunjukkan jika Indonesia memiliki eksistensi di Piala Dunia.

Promo bonus welcome 100% sports hampir pasti kalian dapatkan apabila memakai website Ekingsindo. Terutama jika kalian baru menjadi member.

Baca Juga : Piala Dunia Massimo Oddo Tukang Cukur Dadakan Timnas Italia 2006

Leave a Reply