PIALA DUNIA

Piala Dunia Kesembilan Jadi Gambaran Peperangan Honduras vs El Salvador

piala dunia kesembilan - Ekings

Piala Dunia Kesembilan Jadi Gambaran Peperangan Honduras vs El Salvador. Piala Dunia kesembilan jatuh pada tahun 1970 dengan tuan rumah dari benua Amerika. Meksiko mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan turnamen tersebut.

Sayang sekali pada Piala Dunia edisi kali ini beberapa negara mengeluh. Salah satunya karena waktu sepak bola yang memilih waktu pelaksanaan dengan cuaca terik.

Ada peraturan baru yang tercipta pada tahun 1970. FIFA mengizinkan adanya pemain pengganti yang paling fenomenal adalah mulai berlakuknya kartu kuning dan kartu merah.

Wasit Inggris, Ken Ashton menjadi otak dari penggunaan dua kartu ini yang terinspirasi dari lampu lalu lintas.

Selain itu juga tahun 1970 menjadi sejarah pertama kalinya pertandingan masuk siaran televisi berwarna. FIFA mengundi pemenang dengan cara melempar koin pada babak gugur jika kedua tim imbang.

Piala Dunia Kesembilan Terganggu Karena Perang

Awalnya kompetisi berjalan dengan damai sampai pada babak undian mempertemukan Honduras vs El Salvador dalam satu grup pada babak semifinal.

Isu sensitif terkait kondisi kedua negara menjalar sampai ke dunia sepakbola. Honduras saat itu memiliki tekad untuk memulangkan hampir 300 ribu imigran El Salvador yang punya anggapan membawa beban ekonomi negara.

Kala bertamu ke Hondutas kamar tempat pemain El Salvador mendapat lemparan batu dan kembang api. El Salvador akhirnya kalah saat itu dengan skor 0-1.

Ketika kembali menjadi tuan rumah para pendukung El Salvador balik melakukan serangan ke Honduras. Bangkai serta daging busuk mereka lempar ke hotel Honduras.

Saat pertandingan suasana memanas itu masih berlanjut. Lagu kebangsaan Honduras mereka putar dengan suara kecil. Bendera mereka bakar beberapa pendukung mereka sandera.

Honduras kembali kalah sehingga harus melakukan satu pertandingan lagi di lokasi netral. Saat itu belum ada agregrat gol.

Hubungan diplomatic mereka semakin meruncing sebelum penggelaran laga di Meksiko. Puncaknya saat Honduras kalah dengan skor 2-3 perang tak dapat terhindarkan lagi.

Piala Dunia edisi 1970 menjadi milik Brasil dengan segala warna pertandingan yang terjadi.

Mengenang Piala Dunia kesembilan ini jadi momen menarik. Pasalnya Banyak kejadian yang tak terduga salah satunya adalah persaingan Honduras El Salvador.

Untuk kalian yang menyukai game online, daftarlah di situs Ekingsindo yang saat ini memiliki bonus welcome 100% sports.

Baca Juga : Piala Dunia Perkembangan AS di Dunia Bola Bermula dari Sini

Leave a Reply