PIALA DUNIA

Piala Dunia FNB Stadium Saksi Bisu Spanyol Angkat Trofi Perdana

piala dunia fnb stadium - Ekings

Piala Dunia FNB Stadium Saksi Bisu Spanyol Angkat Trofi Perdana. Pada Piala Dunia FNB Stadium adalah nama lain dari Soccer City Stadium. FNB sendiri singkatan dari First National Bank yang menjadi saksi final Piala Dunia 2010.

Lokasi stadion tersebut ada di pinggiran kota Johannesburg. Spanyol menjadi pemenang edisi 2010 yang menjadikan stadion tersebut bersejarah.

Fakta stadion FNB menjadi stadion paling besar ketiga di benua Afrika. Kapasitas dalam stadion bisa memuat 94 ribu tempat dduk.

Sebelumnya stadion ini sudah terbangun sejak 1987 kemudian tahun 2009 lokasinya bertambah luas.

Ciri khas dari FNB adalah desain yang menyerupai Calabash yakni kendir khas Afrika yang asalnya dari kulit buah.

Arsitek dari Boogertman and partners juga mengatur ulang stadion agar tidak ada penonton yang jaraknya lebih dari 100 m dari lapangan. Jadi semua penonton yang datang bisa melihat stadin dengan leluasa.

Sampai akhirnya stadion ini menjadi kandang klub Afsel Kaizer Chiefs. FIFA melakukan pengecekan stadion terlebih dahulu sebelum mengatakan bahwa stadion siap jadi lokasi pertandingan.

Piala Dunia FNB Stadium Saksi Trofi Spanyol

Babak final Piala Dunia FIFA 2010 mempertemukan Spanyol vs Belanda. Kedua tim bertanding dengan sengit.

Spanyol menggunakan teknik tiki-taka. Sedangkan Belanda mengimbangi dengan melakukan permainan yang pragmatis dan keras.

Sepanjang waktu normal kedudukan berhasil imbang tanpa gol. Wasit memutuskan untuk melanjutkan pertandingan ke babak extra time 2×15 menit.

Barulah pada babak tersebut gol kemenangan Spanol lahir. Tepatnya gol lahir pada empat menit sebelum pertandingan berlanjut ke babak adu penalti.

Andres Iniesta sukses menceploskan bola ke gawang Belanda. Keunggulan 1-0 membawa kemenangan untuk Spanyol.

Sontak para pemain merayakan kesuksesan ketika peluit tanda berakhirnya laga berbunyi. Spanyol berhasil meraih trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Meski tujuan utamanya stadion untuk venue olahraga namun stadion FNB ini menjadi multifungsi. Pasalnya gedung ini bisa untuk event olahraga lainnya.

Salah satu yang paling sering adalah atletik dan Piala Dunia Rugby. Sejarah Piala Dunia FNB Stadium sangat identik dengan sejarah trofi pertama Spanyol di Piala Dunia.

Agar bisa merasakan promo welcome bonus 50% sports, kalian bisa mendaftar di situs bernama Ekingsindo. Situs tersebut statusnya resmi, sehingga aman.

Baca Juga : Piala Dunia Mark Van Bommel Pelatih dengan Latar Belakang Pemain Belanda

Leave a Reply