PIALA DUNIA

Piala Dunia Indonesia Tampil Diwakilkan Koin Edisi 1974

piala dunia indonesia tampil - Ekings

Piala Dunia Indonesia Tampil Diwakilkan Koin Edisi 1974. Pada Piala Dunia Indonesia tampil tahun 1974 meski tak banyak yang tahu. Pada 1938 saat tuan rumah Piala Dunia terpilih adalah Prancis, Indonesia sebenarnya tampil namun dengan nama Hindia Belanda.

Meski tampil dengan nama yang sedikit berbeda namun sama-sama komposisinya melibatkan pemain berdarah Indonesia.

Sejarah tak berhenti sampai 1938 saja melainkan berlanjut sampai dengan Piala Dunia 1974 yang tuan rumahnya adalah Jerman Barat.

Nama Indonesia juga sempat terkenal dan jadi pembicaraan banyak orang. Hal tersebut lantaran Indoensia tampil di final Piala Dunia.

Tapi yang tampil sebenarnya lebih kepada koin bukan pemainnya. Dalam laga final yang mempertemukan Belanda vs Jeman Barat, wasit yang bertugas Jack Taylor memakai koin mata uang rupiah.

Saat itu koin untuk menentukan siapa yang berhak memegang bola pertama kali. Taylor memilih pecahan koin Rp2000 keluaran Bank Indonesia.

Koin tersebut khusus dari Bank Indonesia saat bekerja sama dengan organisasi pecinta alam WWF. Pada sisi mata uangnya ada gambar harimau jawa dan di sisi lainnya gambar pancasila.

Koin ini menjadi koin yang spesial mengingat hanya ada tiga keeping dan hanya jadi milik para kolektor dengan harga mahal.

Beruntung Taylor mendapatkan koin tersebut secara gratis. Hal ini terbongkar ketika salah satu wartawan mewawancarai Taylor di tahun 2000-an.

Piala Dunia Indonesia Tampil Pertama Kapan

Untuk membongkar kapan pertama kali andil Timnas Indonesia perform di Piala Dunia yakni 1938. Indonesia tampil lantaran Jepang sebagai perwakilan Asia harus mundur.

Awalnya perwakilan Benua Asia bukanlah Indonesia. Hungaria akhirnya menjadi lawan Indonesia perdana.

Pertandingan berlangsung di Veldrome Municipal, Reims. Indonesia harus merasakan kekalahan telak dalam laga perdananya.

Muncul salah seorang kapten yang terkenal saat itu yakni Achmad Nawir yang tampil. Menariknya ia merupakan alumni dari Universitas Airlangga (Unair Surabaya).

Nawir merupakan mahasiswa asal Maninjau yang pernah sekolah kedokteran. Latar belakangnya terbilang unik untuk sekelas pemain sepak bola.

Itu dia sejarah Piala Dunia Indonesia tampil baik timnasnya bahkan perwakilan koin buatan BI di final tahun 1974.

Welcome bonus 100% sports tersedia di Ekingsindo, segera dapatkan!

Baca Juga : Piala Dunia Kroasia Beruntung Bahkan Bisa Menang Jika Tak Kalah dari Prancis

Leave a Reply