PIALA DUNIA

Piala Dunia Koin Indonesia yang Masuk Sejarah Final 1974

piala dunia koin indonesia - Ekings

Piala Dunia Koin Indonesia yang Masuk Sejarah Final 1974. Pada Piala Dunia koin Indonesia sempat menjadi sorotan kala edisi 1974. Peran Indonesia pada edisi tersebut tentu saja banyak menjadi sorotan beberapa tahun silam.

Bukan tim sepakbolanya yang masuk namun koin keluaran Bank Indonesia edisi spesial. Koin pecakan Rp2.000 menjadi alat untuk penentuan di babak final Jerman Barat vs Belanda.

Jack Taylor selaku wasit memilih koin tersebut untuk laga penting. Alasannya kenapa memilih koi nasal Indoensia karena bentuknya yang menarik perhatian dan beratnya sangat pas.

Berat koin juga menjadi hal yang cukup penting untuk seorang wasit karena ia akan mengundi kedua tim lewat lemparan sebuah koin.

Pada konteks ini Taylor mengundi antara kedua kapten tim yakni Franz Beckenbauer dan Johan Cruyff.

Uang logam pecahan tersebut menjadi koin khusus hasil produksi BI yang bekerja sama dengan lembaga konservasi dunia dan lembaga konservasi alam.

Berat koin itu 25,31 gram dengan gambar burung garuda dan juga tulisan Bank Indonesia. Di sisi lainnya terlihat ada gambar harimau tarpampang.

Satu hal yang menarik dalam koin tersebut hingga mendapat perhatian khusus ialah tampilannya.

Kapten tim Jerman Barat sampai menghampiri wasit untuk melihat langsung gambar dalam koin Indonesia.

Legenda sepakbola Jerman tersebut heran kenapa Taylor harus memilih koin dari Indonesia bukan uang logam poundsterling.

Namun wasit hanya menjawab pertanyaan tersebut dengan senyuman. Wasit tersebut sangat beruntung mendapatkan uang koin Rp2.000 yang terbilang langka hanya ada di tangan kolektor.

Piala Dunia Koin Indonesia Jadi Kebanggaan

Setelah masuk dalam sejarah Piala Dunia FIFA akhirnya uang logam Rp2.000 tersebut beredar di bursa lelang dengan harga cukup fantastis.

Tahun 2006 lalu uang logan tersebut masuk lelang dengan nilai mencapai Rp150 juta. Kabarnya koin tersebut jadi milik pengusaha kaya Inggris.

Melihat jauh ke belakang ternyata Indonesia memang memberikan kontribusi untuk Piala Dunia. Bahkan tahun 2022 kali ini Indonesia juga terlibat sebagai produsen bola resmi.

Sejarah Piala Dunia koin Indonesia memang banyak yang tak menyadarinya. Jika saat ini ada yang memegang koin Rp2.000 tahun 1974 maka orang tersebut terbilang beruntung.

Baik pemula maupun expert berhak atas bonus welcome 100% sports dari situs Ekingsindo loh! Jadi, jangan ragu untuk daftar ya meskipun baru pertama kali mencoba.

Baca Juga : Piala Dunia Indonesia Tampil Diwakilkan Koin Edisi 1974

Leave a Reply