PIALA DUNIA

Piala Dunia Franz Beckenbauer Saksi Mata Final Edisi 1974

Pada Piala Dunia Franz Beckenbauer melawan Johan Cruyff juga menjadi pertunjukan menarik di partai final 1974 - Ekings

Piala Dunia Franz Beckenbauer Saksi Mata Final Edisi 1974. Pada Piala Dunia Franz Beckenbauer melawan Johan Cruyff juga menjadi pertunjukan menarik di partai final 1974. Jerman dan Belanda menjadi dua tim finalis yang sama kuatnya.

Edisi ke-10 Piala Dunia berlangsung di Jerman yang saat itu masih menggunakan nama Jerman Barat. Ada sembilan kota yang jadi lokasi pertandingan.

Untuk pertama kalinya FIFA memperkenalkan trofi Piala Dunia seperti sekarang. Pasalnya dulu FIFA mengenalkan trofi dengan nama trofi Jules Rimet.

Trofi Jules Rimet jatuh ke tangan Brasil ketiga kalinya di Meksiko pada 1970 secara permanen.

Untuk edisi 1974 ada 16 peserta yang tampil. Keluar sebagai pemenang Jerman merasa sangat berjaya pasalnya saat itu Jerman menjadi tuan rumah.

Terdapat empat grup dalam pembagian fase penyisihan awal. Jerman Barat bertemu dengan Jerman Timur di Grup 1.

Sedangkan Belanda bertemu dengan Swedia, Bulgaria, Uruguay. Kedua finalis mendapatkan musuh yang sepadan di Piala Dunia sehingga membuat persaingan semakin ketat.

Piala Dunia Franz Beckenbauer Jadi Saksi

Laga final Piala Dunia 1974 yang berlangsung di Stadion Olympia, Muenchen mendatangkan penonton sejumlah 75.000.

Franz menjadi saksi pertandingan final tersebut yang secara langsung tampil di lapangan. Belanda lebih dulu memimpin lewat gol penalti Johann Neeskens pada menit ke-2.

Sedangkan Jerman Barat selanjutnya bisa menyamakan skor lewat gol Paul Breitner pada menit ke-25 lewat sepakan penalti.

Gerd Mueller selaku pemain legendaris mencetakkan gol untuk membawa Jerman Barat membalikkan keadaan.

Masuk ke babak kedua, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Jerman Barat menang dengan skor 2-1 atas Belanda dan akhirnya meraih gelar juara Piala Dunia keduanya.

Satu prestasi unik pada Piala Dunia 1974 adalah Grzegorz Lato sebagai pemain Polandia berhasil mencatatkan tujuh gol dan keluar sebagai top skor.

Sedangkan pemain muda terbaiknya yaitu Wladyslaw Zmuda yang juga datang dari Polandia. Jadi dua pemain dengan gelar terbaik bukan dari Belanda atau Jepang.

Polandia sendiri berakhir di posisi ketiga. Tahun 1974 Piala Dunia Franz Beckenbauer jadi saksi yang mengalaminya langsung sampai babak final.

Join sekarang dan raih promo welcome bonus 100% sports di bandar game online resmi Ekingsindo.

Baca Juga : Piala Dunia 2014 Fakta Menarik dan Tak Teduga dari Tim Unggulan

Leave a Reply