PIALA DUNIA

Piala Dunia Peluit Kontroversial Brasil vs Swedia 1978

Piala Dunia Peluit Kontroversial - Ekings

Piala Dunia Peluit Kontroversial Brasil vs Swedia 1978. Kejadian di Piala Dunia peluit kontroversial terjadi dan membuat Piala Dunia FIFA 1978 menyisakan kisah tersendiri. Wasit yang bertugas saat itu adalah Clive Thomas.

Meski kerap mendapat cacian namun Clive juga mendapat pujian dari pecinta sepak bola. Pasalnya keputusan yang ia ambil cukup berani dan tegas meski berimbas pada kariernya.

Momen yang terjadi tahun 1978 di Argentina adalah saatu Brasil mengawali laga tanding melawan Swedia. Ini menjadi pertemuan pertama kedua tim di Piala Dunia sejak terakhir kali 1958.

Brasil nampak kesulitan ketika berjumpa dengan Swedia. Padahal Brasil memiliki status sebagai tim juara bertahan.

Hasil buruk mengawali Brasil karena kebobolan lebih dulu akibat gol dari penyerang Swedia Thomas Sjoberg pada menit ke-37.

Selanjutnya Brasil mampu menyamakan kedudukan lewat aksi Reinaldo pada menit ke-45, yakni sebelum jeda turun minum.

Masuk ke babak kedua Brasil tak mau kalah dengan terus melakukan serangan ke kubu Swedia. Namun gol tak kunjung tercipta hingga laga hampir selesai.

Lalu ketika babak kedua menyisakan hitungan detik, Brasil mendapatkan hadiah sepak pojok. Nelinho tampil sebagai eksekutor. Inilah awal dari kontroversi terjadi.

Piala Dunia Peluit Kontroversial Clive

Saat bersiap melakukan sepak pojok, Nelinho nampak tidak terburu-buru meski laga tertinggal menyisakan hitungan detik. Ia juga menempatkan bola di luar busur corner sebelum hakim memberi perintah memindahkan bola yang benar.

Saat bersamaan Clive selaku wasit utama nampak memeriksa jam tangan yang ia kenakan. Saat mengeksekusi bola waktu 45 menit nyaris terhenti.

Bola tendangan Nelinho masih mengudara namun Clive sudah meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

Publik Brasil geram atas keputusan Clive, namun sang wasit tak merasa jika keputusannya salah. Dalam wawancara ia juga menjelaskan hal serupa.

Meski banyak yang mengatakan sebagai gol namun Clive mengaku tak melihat. Ia sudah membelakangi lapangan dan mengarahkan pemain ke ruang ganti.

Justru ia menyalahkan Brasil yang terlalu lama mengatur sepak pojok. Inilah kisah Piala Dunia peluit kontroversial yang bagi Brasil menyakitkan namun banyak yang mengatakan Clive wasit pemberani.

Ada promo welcome bonus 50% fishing yang bisa di nikmati oleh semuanya apabila join di agen Ekingsindo.

Baca Juga : Piala Dunia Final 1994 Duel Bintang Brasil vs Italia Sisakan Trauma

Leave a Reply