PIALA DUNIA

Piala Dunia Fakta Bola Al Rihla Tidak Diproduksi di Indonesia

piala dunia fakta bola - Ekings

Piala Dunia Fakta Bola Al Rihla Tidak Diproduksi di Indonesia. Pada Piala Dunia fakta bola untuk pertandingan dengan tajuk Al Rihla bukan buatan Indonesia jadi sorotan. Bola dengan teknologi canggih itu terkonfirmasi sebagai buatan China dan Pakistan juga.

Stefan Pursche salah satu direktur Adidas mengkonfirmasi langsung perihal tersebut. Pursche menyatakan jika Adidas tidak menunjuk satu pun perusahaan di Indonesia menjadi produsen bola resmi Piala Dunia 2022.

Hanya saja Pursche juga menjelaskan jika pihaknya telah menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan Indonesia. Namun kerja sama ini hanya sebatas membuat replica Al Rihla sebagai souvenir.

Jadi intinya bola untuk pertandingan di Qatar 2022 bukan berasal dari produksi Indonesia. Ada tiga negara yang menciptakan replica bola resmi yakni China dan Pakistan.

Sebelumnya Kemlu RI mengklaim jika bola resmi Piala Dunia 2022 buatan Indonesia. Lokasi produksinya ada di Madiun, Jawa Barat.

Perusahaan yang mendapat tugas untuk memproduksi Al Rihla adalah Globay Way Indonesia atau GWI. Kemlu RI mengatakan bahwa Adidas menjalin kerja sama dengan GWI karena punya banyak sertifikat pengalaman.

GWI ahli menjadi produsen bola lantaran sudah melakukan ekspor bola ke berbagai negara termasuk di negara yang sepak bolanya maju yakni Eropa. Tentu dari pernyataan kedua belah pihak saling bertolak belakang.

Piala Dunia Fakta Bola dan Klaim GWI

GWI sendiri tidak pernah mengklaim jika pihaknya menjadi produsen resmi bola Piala Dunia 2022. Bahkan dalam situs resmi GWI menuliskan jika mereka hanya membantu produksi souvenir.

Itu artinya hubungan kedua belah pihak memang terjalin baik namun tetap poin pentingnya bukan GWI yang memproduksi bola Piala Dunia 2022 resmi.

Meski demikian Indonesia tetap harus bangga karena memiliki perusahaan yang bekerja sama langsung dengan Adidas. Tidak sembarang perusahaan yang mendapat kesempatan tersebut.

Al Rihla sebagai bola resmi Piala Dunia 2022 memiliki teknologi tinggi. Bahkan dari teknologi bola tersebut salah satunya bisa menggagalkan klaim gol Ronaldo menjadi milik Bruno Fernandes.

Cerita Piala Dunia fakta bola di atas tentu menjelaskan kesalah pahaman masyarakat Indonesia yang sempat mengklaim Al Rihla hasil produksi Indonesia.

Baca Juga : Piala Dunia Statistik Messi Sebagai Pemain Paling Banyak Jalan Kaki

Leave a Reply