PIALA DUNIA

Piala Dunia Zelensky Presiden Ukraina Siapkan Video Untuk Final Piala Dunia 2022

piala dunia zelensky - Ekings

Piala Dunia Zelensky Presiden Ukraina Siapkan Video Untuk Final Piala Dunia 2022. Pada Piala Dunia Zelensky selaku Presiden Ukraina telahh menyiapkan pesan video. Kantor Kepresidenan Ukraina mengecam FIFA yang menolak menayangkannya.

Volodymyr Zelensky membuat video pesan yang akan tayang di final Piala Dunia 2022 berupa seruan perdamaian. Tapi FIFA tidak menerimanya.

“Qatar mendukung inisiatif Presiden, tetapi FIFA memblokir inisiatif tersebut,”ucap Kantor Kepresidenan Ukraina.

Meski demikian Kantor Kepresidenan Ukraina mengatakan akan tetap memutar video secara independek jika FIFA tak mau menayangkannya. Bahkan Ukraina juga berkomentar jika FIFA kehilangan pemahamannya tentang sepak bola.

Menurut pihak Ukraina sepak bola menjadi ajang untuk menyatukan orang daripada mendukung perpecahan. Qatar selaku tuan rumah juga belum terbuka mengomentari permintaan Ukraina.

Piala Dunia Zelensky dan Isi Videonya

Meski FIFA dan Qatar tidak memberi pintu Ukraina menampilkan video Zelensky tapi isi dari video tersebut sudah tersebar. Dalam video tersebut Ia menyebutkan jika Piala Dunia adalah ajang penyatuan.

Pihak Ukraina mendapatkan konfirmasi dari FIFA yang menganggap jika pesan itu terlalu politis dan mengatakan mereka akan mengirim salinan teks alamat tersebut ke markas FIFA di Swiss.

Namun pihak Ukraina membela bahwa tidak ada unsur politis dalam imbauan presiden yang memberi warna politik pada pesta olahraga. Tidak ada evaluasi subjektif apa lagi tudingan.

Bahkan Ukraina memastikan jika FIFA tidak perlu khawatir akan kalimat perdamaian di pesta sepak bola dunia. Karena kalimat perdamaian itu tidak akan muncul dalam video.

Edisi 2022 memang penuh warna salah satunya adalah invasi Rusia ke Ukraina yang menghiasi perjalanan Piala Dunia 2022. Bahkan Rusia mendapat konsekuensi dengan tercoret dari daftar peserta.

Meski demikian seruan dan kecaman ke Rusia tetap hadir. Kali ini FIFA menolak permintaan Ukraina bukan karena tidak berempati melainkan karena sepak bola dan politik harus ada pemisahnya.

Penolakan terhadap penayangan video Zelensky ini menuai kontroversi. Ada pihak yang menyetujuinya tapi ada pihak yang menentangnya.

Kabar Piala Dunia Zelensky selaku Presiden Ukraina mencoba mengingatkan soal perdamaian dalam video. Penolakan FIFA jelas mengundang kekesalan pihak Ukraina.

Baca Juga : Piala Dunia Klarifikasi Deschamps Soal Benzema di Final

Leave a Reply