PIALA DUNIA

Piala Dunia Qatar Untung Meski Bukan dari Sisi Finansial

piala dunia qatar untung - Ekings

Piala Dunia Qatar Untung Meski Bukan dari Sisi Finansial. Pada Piala Dunia Qatar untung atau tidak usai habiskan dana sebagai tuan rumah jadi tanda tanya. Piala Dunia 2022 merupakan turnamen yang mengeluarkan biaya termahal.

Negara kaya raya itu mengeluarkan biaya USD 220 miliar sejak memenangkan hak menjadi tuan rumah. Nilai ini setara dengan Rp3.142,66 triliun.

Sebagian besar dana tersebut untuk pembangunan sistem metro baru, jalan raya baru, bandara dan lingkungan sekitar bahkan kota yang benar-benar baru.

Namun penyelenggaraan turnamen sepak bola tersebut menimbulkan pertanyaan. Apakah dana dan pengeluaran fantastis itu benar-benar setara dengan hasil yang ada.

Mengingat antara tahun 1964 sampai dengan 2018 ada 31 dari 36 event olahraga justru mengalami banyak kerugian.

Salah satu profesor ekonomi mengatakan jika meski tidak jelas berapa banyak pengeluaran Qatar untuk Piala Dunia 2022 namun total anggarannya senilai USD 220 miliar.

Fokus pembangunan Qatar bukan hanya pada tujuh stadion namun juga pembangunan negara. Mulai dari transportasi hingga keamanan, jadi dana itu kembali lagi ke Qatar.

“Qatar harus mengubah infrastrukturnya untuk mengakomodasi kebutuhan Piala Dunia,”ucapnya.

Pemerintah Qatar sudah berencana akan membongkar dan menyumbang sebagian dari beberapa stadion ke negara tetangga untuk peningkatan sarana olahraga. Total ada 170.000 kursi.

Begitu juga dengan kontaine di 974 stadion sejumlah nama stadion itu akan mereka distribusikan ke negara lain.

“Semua itu membutuhkan banyak uang. Dan akan ada stadion lain yang praktis tidak digunakan, yang menghabiskan lahan berharga dan harus dipertahankan, jadi biaya akan mulai naik bahkan lebih,”ucap pakar ekonomi, Zimbalist.

Piala Dunia Qatar Untung Apakah Benar

Hampir semua pendapatan dari Piala Dunia masuk ke kantong FIFA. Pendapatan kira-kira turnamen di 2022 sekitar 4,7 USD sedangkan total pendapatan bersih FIFA sekitar 3 USD.

Itu artinya negara tuan rumah kehilangan uang, Bagi Qatar nampaknya kehilangan uang bukan hal besar karena orientasi tujuan mereka memperkenalkan budaya Arab, dan negara Qatar ke mata dunia.

Dari sisi non finansial Qatar untung. Piala Dunia Qatar untung nampaknya akan jadi gambaran bagi tuan rumah berikutnya.

Dapatkan sekarang juga bonus welcome 100% sports hanya di situs Ekingsindo.

Baca Juga : Piala Dunia Larangan PSG Agar Tak Lakukan Selebrasi di Klub

Leave a Reply