PIALA DUNIA

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Edisi 2022 Iran Lolos – Ekings

kualifikasi piala dunia zona asia - Ekings

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Edisi 2022 Iran Lolos. Kualifikasi Piala Dunia zona Asia 2022 memberikan sedikit kejutan. Untuk pertama kalinya Asia meloloskan enam peserta di putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar tahun lalu.

Setiap edisi Piala Dunia AFC memang mendapatkan slot terbatas. Hanya ada empat slot yang tersedia lewat kualifikasi zona tersebut, jumlah ini lebih sedikit dari benua lainnya.

Padahal jika melihat dari jumlah peserta, perwakilan Asia jumlahnya tergolong banyak lebih dari Amerika Selatan atau CONMEBOL. Zona CONMEBOL biasanya mengirim sampai lima perwakilan.

Dalam 20 tahun terakhir atau semenjak benua Asia jadi tuan rumah tahun 2002, baru kali ini ada total enam tim yang lolos sebagai perwakilan AFC. Jatah tuan rumah kembali jatuh ke Asia sehingga terpilihlah Qatar sebagai tuan rumah.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2022

Selain Qatar, negara yang lolos adalah Iran, Jepang, Korea Selatan dan Arab Saudi. Semuanya lolos lewat kualifikasi zona Asia yang jumlah pesaingnya tidak mudah, sayang Indonesia tidak lolos.

Australia secara mengejutkan menambah jumlah perwakilan AFC di Piala Dunia. Mereka mendapat satu tempat usai mengalahkan Peru, pengalaman ini menjadi catatan baik untuk AFC.

Sayang meski ada banyak perwakilan Asia di Qatar, semua tim tidak ada yang berhasil sampai ke final. Termasuk Qatar sebagai tuan rumah kiprahnya harus pendek karena terhenti di babak grup.

Qatar tampil sebagai tim yang tanding di laga pembuka. Kehormatan itu Qatar dapatkan karena menjadi tuan rumah. Ada banyak isu ketika Qatar tampil salah satunya isu Qatar menyuap lawan supaya kalah.

Sayangnya isu tak terbukti nyata karena negara kaya raya itu tidak banyak berkutik ketika di lapangan. Bukan hanya Qatar tapi Iran juga mendapat sorotan karena negaranya bermasalah.

FIFA sempat mendapat desakan memblokir Iran dari peserta lantaran kasus pelanggaran HAM terhadap wanita di Iran. Tapi FIFA tidak mengabulkan permintaan memblokir Iran dari daftar peserta.

Kualifikasi Piala Dunia zona Asia kuotanya semakin bertambah yang bisa sampai di putaran final. Tak menutup peluang Indonesia juga akan tampil nantinya di edisi 2026 saat Piala Dunia berlangsung di tiga negara.

Baca Juga : Piala Dunia 2014 Kilas Balik Saat Jerman Juara – Ekings

Leave a Reply