PIALA DUNIA

Piala Dunia 2002 Saat Brasil Juara – Ekings

piala dunia 2002 - Ekings

Piala Dunia 2002 Saat Brasil Juara. Tahun 2002 merupakan tahun spesial karena Piala Dunia 2002 berlangsung di dua negara Asia sekaligus. Korea Selatan dan Jepang terpilih sebagai tuan rumah dan melahirkan Brasil sebagai juara.

Terdapat 32 tim peserta pertandingan dengan Prancis hadir sebagai juara bertahan dan masuk tim unggulan. Siapa sangka sebagai tim unggulan Prancis gugur di fase grup begitu juga Argentina.

Brasil juga melakukan aksi yang susah payah untuk bisa lolos Piala Dunia sebelum akhirnya menemukan performa terbaiknya. Saat itu Brasil ada di bawah asuhan Felipe Scolari yang bertumpu pada Ronaldo, Rivaldo dan Ronaldinho.

Kondisi Ronaldo baru saja pulih dari cedera parah usai membela Inter Milan tapi tetap Scolari bawah ke Korea Selatan dan Jepang. Akhirnya Brasil sebagai juara Grup A dengan sapu bersih semua kemenangan.

Piala Dunia 2002 Momen Terkenang

Selain Brasil yang jadi juara ada beberapa momen terkenal edisi 2002 ini. Salah satunya adalah Korea Selatan untuk pertama kalinya melaju jauh di Piala Dunia, tren masuk kualifikasi sampai sekaran Korea Selatan pertahankan.

Jepang sebagai tuan rumah 2002 juga nasibnya tidak sebagus Korea Selatan. Jepang harus tersingkir lebih awal tapi di edisi selanjutnya Jepang mampu menjadi tim yang hampir setara dengan Korea Selatan.

Kembali lagi ke Brasil saat final Piala Dunia harus bertemu dengan Jerman. Laga final berlangsung di Stadion Internasional Yokohama pada 30 Juni 2002.

Partai puncak klasemen pimpinan wasitnya adalah Pierluigi Collina dari Italia. Ronaldo tampil dengan gaya rambut kuncung menjadi bintang kemenangan Brasil atas Jerman dengan memborong dua gol.

Hasil akhir kemenangan Brasil adalah 2-0. Pihak Brasil tidak pernah menduga akan mendapatkan hasil ini apalagi kondisi Ronaldo sempat kurang baik.

Brasil akhirnya mendapat gelar juara Piala Dunia kelima di Asia. Sementara itu Ronaldo sukses mencetak delapan gol dan berhak mendapat sepatu emas.

Piala Dunia 2002 memiliki warna tersendiri lantaran FIFA memilih Asia sebagai tuan rumah. Qatar akhirnya menjadi tuan rumah wakil Asia lagi di Piala Dunia 2022 terakhir kalinya. Ini saatnya bagi Asia menunjukkan kemampuan sepak bola mereka.

Baca Juga : Kualifikasi Piala Dunia Zona EURO 2022 Tim Lolos – Ekings

Leave a Reply