PIALA DUNIA

Piala Dunia 1994 Pembuktian Amerika Serikat – Ekings

piala dunia 1994 - Ekings

Piala Dunia 1994 Pembuktian Amerika Serikat. Piala Dunia 1994 merupakan pembuktian untuk Amerika Serikat menunjukkan taringnya sebagai tuan rumah. Terpilihnya Amerika Serikat sebagai tuan rumah jadi tanda tanya besar karena negara tersebut tidak punya kultur sepak bola.

Hal serupa terjadi pada Piala Dunia FIFA 2022 saat Qatar terpilih sebagai tuan rumah. Beragam kontroversi langsung muncul, inilah gambaran Piala Dunia 1994 ketika tuan rumah resmi terpilih.

Siapa sangka Amerika Serikat saat menjadi tuan rumah langsung mencatatkan pencapaian penting dengan mengalahkan Brasil dan Meksiko. Tapi pada akhirnya edisi 1994 mengeluarkan Brasil sebagai juaranya.

Brasil menghadapi Italia di final hingga akhirnya menang adu penalti dengan skor 3-2. Italia harus puas menyandang gelar runner up karena dominasi Brasil yang tak terkalahkan.

Piala Dunia 1994 Kontroversi AS

Keraguan publik mengenai kemampuan Amerika Serikat menjadi tuan rumah sebenarnya punya dasar kuat. Saat itu sepak bola Amerika masih jadi olahraga yang aneh bagi warga mereka sendiri.

Orang Amerika kala itu sulit mengerti kenapa sepak bola menjadi olahraga menarik di mata dunia. Mereka sudah terbiasa dengan catatan skor besar di suatu pertandingan contohnya basket yang lebih menarik bagi mereka.

Melihat olahraga sepak bola kerap berakhir dengan skor tanpa gol jelas menjadi suatu hal yang membuat orang Amerika bosan. Tapi jika melihat lagi ke belakang sebenarnya Amerika adalah negara yang sudah pernah tunjukkan potensinya.

Edisi perdana 1930 di Uruguay, Amerika sudah menembus semifinal. Sayangnya sejak 1950 Amerika absen dab baru muncul lagi pada 1990 hingga akhirnya terpilih menjadi tuan rumah tahun 1994.

Kontroversi langsung muncul ketika Amerika Serikat baru muncul lagi dan langsung terpilih sebagai tuan rumah. Meski penuh kontroversi, Timnas Amerika Serikat tampil percaya diri.

Siapa sangka dengan kontroversi tuan rumah Amerika Serikat justru mencatatkan penonton terbanyak kala itu dengan total 3.587.538 penonton sepanjang turnamen. Hanya ada 24 tim dengan total 52 laga.

Piala Dunia 1994 merupakan awal Amerika Serikat menunjukkan kiprah mereka di dunia sepak bola. Hasilnya cukup memuaskan dengan pencapaian Amerika Serikat di semifinal hingga mencatatkan penonton terbanyak di masanya.

Baca Juga : Pemenang Piala Dunia Cara Mudah Menebaknya – Ekings

Leave a Reply