PIALA DUNIA

Piala Dunia 1958 Kala Brasil Berpesta – Ekings

piala dunia 1958 - Ekings

Piala Dunia 1958 Kala Brasil Berpesta. Piala Dunia 1958 menjadi salah satu pertandingan paling penting untuk Brasil karena saat itu mereka berhasil menangkan gelar juara. Momen juara lebih spesial karena berhasil Brasil dapatkan saat mereka tanding di benua Eropa.

Swedia merupakan tuan rumah Piala Dunia tahun 1958 yang merupakan edisi ke-6. Ada empat negara yang memperebutkan kesempatan sebagai tuan rumah yakni Argentina, Chile, Meksiko dan Swedia.

Perwakilan Swedia kemudian melobi negara lain pada kongres FIFA ketika pembukaan Piala Dunia 1950 hingga akhirnya peluang tuan rumah jatuh pada Swedia. Kala itu laga berlangsung 8-29 Juni 1958.

Piala Dunia 1958 Pele Tampil

Jerman menjadi juara bertahan pada edisi 1958 sedangkan 14 tim lainnya berhasil lolos ke putaran final lewat babak kualifikasi. Adapun ke-16 tim peserta Piala Dunia berasal dari lima konfederasi FIFA.

Ada format yang berbeda edisi 1958 dengan edisi 1954 saat Swiss menjadi tuan rumah. Perbedaannya saat babak grup 16 tim terbagi ke dalam empat grup dengan masing-masing bertemu satu kali tanpa extra time jika hasil imbang.

Pemenang akan mendapat dua poin sedangkan tim yang kalah tidak mendapatkan poin. Beberapa tim besar akhirnya lolos ke perempat final termasuk Brasil di bawah asuhan pelatih Vicente Feola.

Feola memilih pemain top untuk berlaga di Piala Dunia salah satunya Garrincha yang saat itu usianya masih 24 tahun. Pele juga ikut serta meski usianya saat itu masih 17 tahun.

Brasil datang ke Swedia dengan motivasi ingin jadi juara usai delapan tahun sebelumnya merasakan pedih karena tragedi Maracana. Kesuksesan Brasil terlihat sejak babak grup yakni saat mereka berhasil keluar sebagai juara Grup 4.

Pele tampil dalam laga pamungkas saat bertemu dengan Uni Soviet. Pada babak perempat final, Brasil sukses mengalahkan Wales dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Pele yang mencatatkan nama sebagai pemain paling muda saat itu.

Piala Dunia 1958 mempertemukan Brasil vs Prancis di final. Prancis saat itu memiliki Just Fontaine. Brasil melibas Prancis dengan skor 5-2 dengan catatan hattrick dari Pele saat itu.

Baca Juga : Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia – Ekings

Leave a Reply