PIALA DUNIA

Piala Dunia 1990 Jerman Barat Terakhir Tampil – Ekings

piala dunia 1990 - Ekings

Piala Dunia 1990 Jerman Barat Terakhir Tampil. Piala Dunia 1990 menjadi sejarah manis bagi Jerman Barat tampil di Piala Dunia terakhir kalinya sekaligus mendapat gelar juara. Jerman Barat meraih tiga kali gelar juara saat menjalani laga Piala Dunia edisi tahun 1990.

Tahun 1990 merupakan edisi ke-14 sejak pertama kali World Cup berlangsung tahun 1930 di Uruguay. Italia terpilih menjadi tuan rumah setelah lewat pemungutan suara pada 19 Maret 1984 di Swiss.

Timnas Italia di tahun 1990 sudah menjalani dua kali sebagai tuan rumah setelah tahun 1934. Italia sempat menjadi tuan rumah sekaligus menjadi juara yakni di tahun 1934 yang merupakan edisi Piala Dunia kedua.

Piala Dunia 1990 Jerman Lahir

Tahun 1990 nama Jerman masih menggunakan Jerman Barat sebelum menyatu dengan Jerman Timur. Setelah kedua negara menyatu akhirnya tim nasional menggunakan nama Jerman saja.

Terdapat 24 peserta dari lima konfederasi yang berbeda dan terbagi dalam 6 grup. Jerman Barat merupakan bagian dari Eropa yang sampai sekarang selalu mengeluarkan perwakilan paling banyak.

Conmebol juga mengeluarkan beberapa perwakilan dengan negara unggulan seperti Argentina, Brasil, dan lainnya. Sementara ada juga Amerika Serikat sebagai wakil zona Concacaf.

Tim yang duduk di posisi pertama dan kedua babak grup punya hak lolos otomatis ke 16 besar yang artinya ada 12 tim. Empat tiket lainnya akan jadi hal tim peringkat tiga terbaik sepanjang fase grup.

Jerman Barat mengawali laga dengan keluar sebagai juara Grup D. Lalu pada babak 16 besar mereka mengalahkan Belanda lalu Cekoslavia di babak perempat final.

Masuk ke semifinal Jerman Barat harus melakukan adu penalti untuk menyingkirkan Inggris. Pada partai puncak yakni final Jerman Barat bertemu Argentina dan berhasil menang 1-0 atas tim perwakilan Conmebol tersebut.

Setelah tahun 1990 itulah nama Jerman Barat tidak lagi terdengar karena sudah menggunakan nama Jerman. Rivalitas Jerman vs Argentina juga tercipta.

Piala Dunia FIFA 1990 merupakan awal dari rivalitas Jerman dan Argentina yang berlanjut sampai sekarang. Piala Dunia terakhir yakni 2022 Argentina berhasil keluar sebagai juara saat Qatar terpilih menjadi tuan rumahnya.

Baca Juga : Piala Dunia 1958 Kala Brasil Berpesta – Ekings

Leave a Reply