PIALA DUNIA

Piala Dunia Pertama Ini Dia Pemenangnya – Ekings

piala dunia pertama - Ekings

Piala Dunia Pertama Ini Dia Pemenangnya. Piala Dunia pertama di dunia pemenang hingga tuan rumahnya kerap jadi tanda tanya. Hal ini lantaran World cup adalah kompetisi olahraga paling besar dan berlangsung hanya empat tahun sekali hingga memberi kesan eksklusif.

Pertama kali world cup berlangsung adalah tahun 1930 dengan 13 tim sebagai pesertanya. Tim yang datang merupakan tim hasil undangan FIFA termasuk Indonesia meski masih menggunakan nama Hindia Belanda.

FIFA memiliki ide untuk membuat turnamen besar skala internasional. Tahun 1928 menjadi awal mula harapan FIFA bisa mengadakan turnamen sepak bola internasional di luar olimpiade mendapatkan titik terang.

Tahun 1929, FIFA secara resmi menyiapkan turnamen kejuaraan yang bernama Piala Dunia atau dalam bahasa Inggris World Cup. Pertama kali orang yang mencetuskan yakni Presiden FIFA saat itu Jules Rimet.

Usai menjalankan kongres FIFA pertama kali akhirnya Piala Dunia berlangsung tahun 1930. Tuan rumahnya adalah Uruguay dan berlangsung pada 13-30 Juli 1930.

Piala Dunia Pertama Gelar Juara

Pertandingan berlangsung di tiga stadion saja yang puncak atau finalnya berlangsung pada 30 Juli 1929. Uruguay selaku tuan rumah tampil di final melawan Argentina.

Hasil akhir kemenangan jatuh kepada Timnas Uruguay dengan skor 4-2. Sejarah tersebut tak lantas membawa Uruguay berjaya sampai sekarang tapi justru sebaliknya, Uruguay tidak menjadi tim yang menakutkan.

Trofi pertama kali terkenal dengan sebutan trofi Jules Rimet sesuai dengan nama pencetus world cup. Perlahan nama Jules Rimet tidak lagi menjadi nama trofi resmi.

Karena tahun 1930 merupakan pertama kalinya turnamen ini, antusias penonton tidak seramai sekarang. Peserta juga harus melewati jalur darat dan laut untuk bisa sampai ke Uruguay.

Hindia Belanda yang tampil nyaris gagal karena kesulitan membawa nama Timnas mereka sendiri. Itulah kenapa Indonesia akhirnya menggunakan nama Hindia Belanda.

Fakta menariknya Hindia Belanda menjadi negara Asia pertama yang tampil di world cup. Perjalanan Piala Dunia pertama merupakan titik awal pertandingan olahraga paling besar di dunia muncul, Jules Rimet menjadi sejarah penting dalam perkembangan world cup.

Baca Juga : Piala Dunia Diselenggarakan Setiap Berapa Tahun – Ekings

Leave a Reply