PIALA DUNIA

Piala Dunia 1950 Kisah Kemalangan Brasil – Ekings

piala dunia 1950 - Ekings

aPiala Dunia 1950 Kisah Kemalangan Brasil. Piala Dunia 1950 merupakan penyelenggaraan Piala Dunia keempat sepanjang sejarah usai berlangsung sejak 1930. 1934 lalu 1938. Dua edisi selanjutnya Piala Dunia yakni 1942 dan 1946 tidak ada lantaran terjadi Perang Dunia II.

Tahun 1950 menjadi spesial  lantaran tahun tersebut penyelenggaraan pertama usai Piala Dunia berakhir. Setelah tidak berlangsung lebih dari satu dekade Brasil akhirnya terpilih sebagai tuan rumah.

Terpilihnya Brasil membuat ekspektasi publik terhadap Brasil semakin tinggi. Sudah sejak lama Brasil menjadi tim dengan catatan prestasi bagus dalam ajang sepak bola sehingga tahun 1950 ini juga mencatatkan hal yang sama.

Sebelum berlangsungnya Piala Dunia FIFA tahun 1950, sejumlah negara menyelesaikan babak kualifikasi. Sayangnya banyak negara yang justru mundur karena suatu alasan salah satunya biaya.

Timnas Indonesia saat itu juga masuk babak kualifikasi namun memilih mundur. Peserta edisi ini tidak sebanyak edisi sebelumnya sebab hanya 13 tim yang menjadi peserta.

Brasil selaku tuan rumah mengajukan format baru yakni menggunakan sistem round roubin. Jadi ke-13 tim pecah menjadi empat grup yang mana 3 grup berisikan 4 tim dan satu grup berisi 3 tim.

Juara dari tiap tim inilah yang berhasil lolos ke babak selanjutnya. Empat tim yang lolos akan bertanding lagi dengan format sama yakni saling bertemu, penentuan juara datang dari tim yang mendapat banyak poin.

Piala Dunia 1950 Brasil Gagal Menang

Skema yang Brasil rancang ternyata jadi masalah untuk mereka sendiri. Brasil kalah dari Uruguay dalam pertandingan terakhir dengan skor 1-2, Uruguay unggul koleksi poin dari Brasil dengan catatan lima poin dari dua menang satu imbang.

Uruguay tahun 1950 berhasil meraih gelar juara kedua. Sebelumnya Uruguay mendapat gelar yang sama tahun 1930 saat edisi pertama, mereka berhasil menang saat menjadi tuan rumah.

Beruntung Brasil masih mencatatkan nama pemainnya sebagai top skor yakni Ademir. Setidaknya pencapaian individu Ademir menyelamatkan kemalangan Brasil.

Piala Dunia 1950 cukup berkesan karena berlangsung setelah Perang Dunia II. Brasil sayangnya harus menelan kekalahan karena kalah jumlah poin dari Uruguay.

Gabung di situs Ekingsindo, kalian bisa menikmati bonus welcome 50% sports dengan gratis.

Baca Juga : Daftar Tuan Rumah Piala Dunia Sejak 2002 – Ekings

Leave a Reply