PIALA DUNIA

Piala Dunia Terbaik dan Ikonik Tahun 2010 – Ekings

piala dunia terbaik - Ekings

Piala Dunia Terbaik dan Ikonik Tahun 2010. Piala Dunia terbaik nampaknya berlangsung tahun 2010 saat Afrika Selatan terpilih menjadi tuan rumah. Pada dasarnya setiap edisi memiliki keunikan tersendiri termasuk pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Awalnya banyak orang menganggap Afsel tidak akan berhasil menjadi tuan rumah yang memukau. Siapa sangka dugaan tersebut justru sebaliknya karena Piala Dunia 2010 jadi yang paling berkesan.

Salah satunya terbukti dari lagu Waka Waka yang sampai sekarang fenomenal. Keberadaan Paul si gurita yang bisa memprediksi juara juga jadi sorotan, belum lagi permainan tiki taka Spanyol yang bersejarah.

Afrika Selatan wajib bangga karena mereka adalah negara pertama Benua Afrika yang terpilih sebagai tuan rumah. Meski menuai pro kontra awalnya namun Afsel mampu mebuktikan kelayakan negaranya.

Sebelum Afsel terpilih sebagai tuan rumah, negara tersebut terkenal akan keterbelakangan dan kemiskinan. Sedangkan sebagai tuan rumah Piala Dunia biaya yang harus pemerintah keluarkan tidak sedikit.

Belum lagi faktor keamanan turis juga jadi hal yang mengkhawatirkan ketika berkunjung ke Afsel. Negara Afrika sangat terkenal dengan kriminalitas tinggi di tahun 2010.

Piala Dunia Terbaik dan Tak Terlupakan

Selain alasan di atas kenapa tahun 2010 menjadi tahun terbaik, ada lagi alasan lainnya yakni bola Jabulani. Tiap edisi negara tuan rumah selalu mengeluarkan bola yang memiliki nama.

Tahun 2010 Afsel mengeluarkan bola Jabulani. Sayangnya bola tersebut menjadi musuh banyak pemain dan jadi alasan kenapa tim-tim kuda hitam justru kalah tak terduga.

Nama besar para pemain seperti Hugo Lloris, Fabio Capello dan Maradona tidak menyukai bola tersebut. Dari segi desain bola dan bobot bola terlalu ringan sehingga bola sulit terkendali.

Arah bola juga jadi tidak menentu sehingga ketika pemain menendang bola arahnya tidak beraturan. Namun, karena bola ini juga akhirnya Afsel jadi negara tuan rumah tak terlupakan.

Mulai dari lagu Waka Waka, Paul si gurita, tiki taka sampai bola Jabulani membuat edisi 2010 spesial. Sampai tahun 2023, lagu Waka Waka masih banyak yang mengingatnya.

Piala Dunia terbaik tahun 2010 mendapat perayaan penuh suka cita dari warga Afsel. Mereka membuktikan negara yang tidak kaya raya juga mampu menciptakan laga hebat.

Baca Juga : Piala World Cup Benarkah Terbuat dari Logam Mulia – Ekings

Leave a Reply