PIALA DUNIA

Bola Piala Dunia 2010 Si Jabulani – Ekings

bola piala dunia 2010 - Ekings

Bola Piala Dunia 2010 Si Jabulani. Bola Piala Dunia 2010 memiliki nama Jabulani yang merupakan bola resmi keluaran Adidas yang penuh kontroversi. Tahun 2010 menjadi salah satu kompetisi Piala Dunia paling sukses dalam sejarah.

Benua Afrika mendapat kesempatan pertama menjadi tuan rumah yakni pada tahun 2010. Lagu resmi Waka Waka, Paul si Gurita dan Vuvuzela alat musik khas Afrika menjadi kenangan tak terlupakan.

Bola Jabulani tak luput dari perhatian, khususnya para pemain yang saat itu berkesempatan tampil. Untuk mengingat kembali mengenai bola Jabulani yang penuh kontroversi tersebut mari membahas penjelasan lengkapnya di sini.

Bola Piala Dunia 2010 Penuh Kontroversi

Nama Jabulani berasal dari bahasa Zulu yang 25 persen masyarakat Afrika menggunakannya. Jabulani sendiri mempunyai arti merayakan dalam bahasa tersebut.

Jabulani sendiri merupakan bola keluaran Adidas. Perusahaan tersebut membuat Jabulani khusus untuk edisi 2010 yang keluar sejak Desember 2009 dengan 11 warna melekat pada kulit bola.

11 warna memiliki makna 11 pemain dalam satu tim, 11 bahasa yang ada di Afrika Selatan dan 11 suku Afrika Selatan. Adidas memberi pernyataan bahwa Jabulani merupakan bola terbundar di dunia dengan delapan panel 3 D.

Jahitannya sangat rapih menggunakan teknologi Adidas terbaru yakni Grip n Groove. Teknologi tersebut kabarnya mampu memberi sensasi yang berbeda untuk pemain yang menendangnya.

Bola bisa melayang lebih stabil menurut klaim Adidas tersebut justru mendapat sejumlah keluhan dari para pemain. Terutama kiper, dari banyaknya keluhan yang paling sering terjadi adalah Jabulani mempunyai gerakan yang sulit tertebak dan terkontrol.

Keluhan tersebut sangat bertentangan dengan klaim Adidas yang mengunggulkan Jabulani. Tiap edisi yang menjadi bola resmi selalu berganti termasuk tahun 2010.

Setelah sukses memberi warna meriah di Piala Dunia sayangnya Jabulani punya kesan buruk. Bahkan salah satu pemain yang ikut tampil mengutuk bola Jabulani karena sulit terkendali.

Bola Piala Dunia 2010 FIFA sama halnya dengan bola Piala Dunia beberapa edisi. Ada kontroversi mengenai bola baik yang menyukai bola atau yang tidak menyukainya. Apapun itu pihak Adidas sendiri sudah memberikan desain terbaik untuk Jabulani.

Baca Juga : Jersey Piala Dunia 2022 Timnas Argentina Jadi yang Terbaik – Ekings

Leave a Reply