PIALA DUNIA

Bola Resmi Piala Dunia FIFA 2010 Jabulani Jadi Kontroversi – Ekings

bola resmi piala dunia fifa 2010 - Ekings

Bola Resmi Piala Dunia FIFA 2010 Jabulani Jadi Kontroversi. Bola resmi Piala Dunia edisi 2010 menjadi salah satu bola paling terkenang dalam sejarah. Bukan karena terlalu sempurna namun banyak pihak mengenang bola keluaran Adidas untuk Piala Dunia tersebut jadi kontroversi.

Jabulani merupakan nama bola resmi keluaran Adidas yang meruka gunakan di tahun 2010. Nama Jabulani berasal dari bahasa Zulu yang artinya perayaan, bola ini terbuat dengan gaya yang sangat khas Afrika Selatan.

Terdapat 8 panel yang saling bersambung dan memiliki klaim bisa meningkatkan akurasi tembakan. Keunikan Jabulani lainnya adalah karena bola ini menjadi salah satu bola terbundar dengan 11 warna berbeda.

Makna dari 11 warna ini karena menunjukkan terdapat 11 bahasa berbeda di Afrika Selatan dan juga 11 suku. Teknologi pada Jabulani kembali tampil untuk bola Euro 2012 lewat Adidas Tango 12.

Bola Resmi Piala Dunia FIFA 2010 Kutukan

Meski memiliki banyak keunikan dan menggunakan teknologi canggih tapi Jabulani menuai kritikan pedas dari para pemain terutama kiper yang berlaga. Mereka menyatakan Jabulani merupakan bola yang pergerakannya tidak dapat terkontrol.

Kiper papan atas di Piala Dunia 2010 kerap kesulitan menghentikan pergerakan bola. Namun dari situ juga tercipta banyak gol cantik dan luar biasa pada tahun 2010.

Para kiper banyak mengutuk dan menamakan Jabulani sebagai bola kampung kualitas murahan tapi berbeda dengan beberapa pemain di lapangan. Setidaknya Diego Forlan mengatakan bahwa Jabulani menjadi bola favoritnya.

Forlan sendiri memang tercatat memasukkan gol cantik yang berasal dari luar kotak penalti. Gol tersebut masuk ke dalam kategori gol cantik pada Piala Dunia 2010.

Khusus untuk Forlan lagi, ia mencatatkan lebih dari satu kali gol cantik. Catatan ini menjadikan dirinya mendapat sebutan sebagai Master of Jabulani karena bisa mengendalikan bola kontroversial tersebut.

Tiap edisi ada saja bola resmi yang keluar termasuk tahun 2010. Jabulani karena kontroversinya justru membuat bola tersebut makin terkenal hingga sekarang.

Bola resmi Piala Dunia FIFA 2010 menjadi salah satu produk Adidas terbaik. Bola keluaran Adidas itu mampu mencatatkan banyak kenangan bagi yang menggunakan di lapangan dan merasakan sensasinya secara langsung.

Baca Juga : Pelatih Belanda Piala Dunia 2010 yang Kini Terdampar – Ekings

Leave a Reply