PIALA DUNIA

Piala Dunia 1984 Kala Michel Platini Tampil Memukau – Ekings

piala dunia 1984 - Ekings

Piala Dunia 1984 Kala Michel Platini Tampil Memukau. Piala Dunia 1984 sejatinya tidak tercatat melainkan adanya Piala Eropa. Michel Platini berhasil jadi bintang pertandingan kala itu. Berstatus sebagai tuan rumah, Platini sukses membawa Prancis kali pertama tampil di final setelah sebelumnya tahun 1960 hanya bisa sampai ke semifinal.

Platini saat itu berusia 29 tahun dengan status sebagai kapten Prancis. Ia menjadi pusat perhatian usai menjadi top skor dengan koleksi sembilan gol, satu gol Platini salah satunya menjadi penentu kemenangan 2-1 Prancis atas Spanyol di final.

Piala Eropa 1984 menggunakan sistem yang sama seperti turnamen sebbelumnya dengan delapan tim termasuk tuan rumah yang lolos otomatis. Namun UEFA kala itu menerapkan aturan baru dengan menghapus perebutan posisi ketiga.

Piala Dunia 1984 Masa Kejayaan Platini

Parc des Princes Stadion menjadi saksi kejayaan Platini dan tim meraih trofi Piala Eropa pertama. Sepanjang pertandingan Prancis tampil memukau dengan kemenangan penentu lewat gol Platini dan Bruno Bellone di final.

Kesuksesan Prancis tidak mereka raih dengan mudah. Prancis di babak semifinal menyingkirkan Portugal 3-2 lewat babak perpanjangan waktu. Kemenangan tuan rumah berasal dari gol Jean Francois Domergue pada menit ke-24 dan 114.

Tak lupa juga nama Platini ikut muncul sebagai pencetak gol. Sedangkan Portugal hanya bisa membalas dua gol yang datang dari Rui Jordao pada menit ke-74 dan 98.

Sedangkan Spanyol, lawan Prancis di final bersusah payah terlebih dahulu mengalahkan Denmark. Bermain imbang 1-1 sampai perpanjangan waktu Spanyol akhirnya menang 5-4 atas Denmark pada adu penalti.

Kini nama Platini menjadi legendaris sepak bola. Ia ikut mengomentari saat Prancis berhasil masuk ke babak final Piala Dunia 2022 dan berakhir sebagai runner up.

Hal tersebut terungkap lewat pernyataan pengacara Platini yang menyebut jika Platini bangga dengan Timnas Prancis. Semasa menjadi pemain Piala Dunia, Platini hanya mampu membawa Prancis sampai semifinal Piala Dunia 1982 dan 1986.

Piala Dunia 1984 andai berlangsung maka ajang tersebut akan menjadi ajang bersejarah untuk Platini. Tahun 1998 Platini sukses sebagai ketua penyelenggara dengan Prancis keluar sebagai juara. Sayang Platini mendapat larangan berkecimpung dalam dunia sepak bola akibat skandal yang ia alami.

Baca Juga : Harga Tiket Piala Dunia Capai 18 Juta Khusus Kolektor – Ekings

Leave a Reply