PIALA DUNIA

Tuan Rumah Piala Dunia Pertama Edisi 1930 – Ekings

tuan rumah piala dunia pertama - Ekings

Tuan Rumah Piala Dunia Pertama Edisi 1930. Tuan rumah Piala Dunia pertama jatuh kepada Uruguay yang akhirnya berjaya di rumah sendiri. Piala Dunia FIFA edisi pertama tersebut berlangsung dari 13 hingga 30 Juli 1930.

Sebelum gelaran Piala Dunia pertama, FIFA selaku induk sepak bola dunia memberikan undangan kepada negara anggota dengan batas waktu untuk menerima sampai dengan 28 Februari 1930.

Terdapat 13 tim dari tiga konfederasi dengan hanya 13 tim peserta. FIFA memutuskan tidak adanya kualifikasi untuk memperebutkan tiket di putaran final.

Uruguay mendapat kesempatan sebagai tuan rumah edisi 1930 karena saat itu mereka dalam momen merayakan 100 tahun konsitusi pertama. Selain itu Timnas Uruguay juga baru saja mempertahankan medali emas sepak bola Olimpiade Amsterdam 1928.

Ke-13 tim peserta Piala Dunia tanpa seleksi ini menjadi saksi sejarah berawalnya Piala Dunia bergengsi sampai sekarang. Pembagian turnamen terdapat empat grup dengan masing-masing grup terdapat tiga tim kecuali satu grup yang isinya emoat tim.

Hanya juara grup yang berhak lolos ke fase gugur atau semifinal. Setelah melalui babak penyisihan keempat tim semifinalis merupakan Argentina, Yugoslavia, Uruguay dan Amerika Selatan.

Tuan Rumah Piala Dunia Pertama Jadi Sejarah

Semifinal Piala Dunia 1930 Uruguay bertemu dengan Yugoslavia sedangkan Argentina bertemu dengan Amerika Serikat. Seluruh pertandingan kala itu berlangsung di Stadion Centenario, Montevideo.

Tampil di depan pendukung sendiri, Uruguay melibas Yugoslavia dengan skor 6-1 untuk memperebutkan satu tiket ke partai final. Pada laga lainnya, Argentina yang merupakan tim unggulan sukses menundukkan Amerika Serikat dengan skor 6-1 juga.

Pertemuan final akhirnya mempertemukan Uruguay vs Argentina. Saat itu Argentina memiliki sejumlah pemain kuat seperti Luis Monti dan Guillermo Stabile yang akhirnya keluar sebagai top skor dengan 8 gol.

Di sisi lain Uruguay juga mempunyai sejumlah pemain hebat contohnya sang kapten Jose Nasazzi. Akhirnya Uruguay keluar sebagai pemenang di laga Piala Dunia pertama.

Tuan rumah Piala Dunia layak menjadi juara karena akhirnya tercatat dalam sejarah sebagai penyedia venue pertandingan dunia yang sukses. Akhirnya Piala Dunia berlanjut sampai terakhir edisi 2022 lalu yang berlangsung di Qatar.

Baca Juga : Jadwal Tuan Rumah Piala Dunia 2030 Israel Jadi Kandidat – Ekings

Leave a Reply