PIALA DUNIA

Piala Dunia 1938 Hindia Belanda Jejak Sejarah – Ekings

piala dunia 1938 hindia belanda - Ekings

Piala Dunia 1938 Hindia Belanda Jejak Sejarah. Piala Dunia 1938 Hindia Belanda ikut tampil yang mana pada tahun tersebut Hindia Belanda merupakan nama dari Indonesia. Hindia Belanda tercatat sebagai negara Asia pertama yang berkiprah dalam ajang Piala Dunia FIFA.

Pertandingan berlangsung di Prancis sebagai tuan rumahnya. Menjadi perwakilan pertama Asia nasib Hindia Belanda kurang bagus karena mereka akhirnya terbantai ketika bertemu dengan Hungaria.

Perlu jadi catatan penting perjalanan pemain untuk bertanding kala itu tidak mudah. Pemain dan staff yang bertugas berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok pada 27 April 1938.

Perjalanan yang mereka lalui cukup panjang bahkan memakan waktu selama berminggu-minggu. Perjalanan menuju Prancis tersebut menjadi perjalanan jauh pertama yang Timnas Hindia Belanda lalui dalam pertandingan internasional.

Sebelum menuju Prancis rombongan berkunjung ke Belanda terleih dahulu untuk melakkan pertandingan uji coba. Hindia Belanda menjalani laga perdananya pada Minggu, 6 Juni 1938.

Piala Dunia 1938 Hindia Belanda Perjuangan

Hindia Belanda mengenakan seragam dengan warna oranye dengan paduan celanan putih dengan kaos kaki biru muda. Mau tidak mau Hindia Belanda harus mengakui kehebatan Hungaria karena Hindia Belanda kalah 6-0.

Dalam kondisi penjajahan rasa patriotism masyarakat Indonesia cukup tinggi. Memang saat ini Hindia Belanda kalah namun mereka tidak masalah, kegagalan tersebut membuat pemain Hindia Belanda menjadi berita utama media saat itu.

Setelah ikut serta dalam ajang Piala Dunia Hindia Belanda tercatat sebagai tim Asia pertama yang tampil dalam ajang tersebut. Asia baru bisa mengirimkan perwakilan lagi 16 tahun setelahnya yakni tahun 1954 saat Korea Selatan ikut tampil.

Untuk mendapat banyak informasi mengenai Hindia Belanda tahun 1938 cukup sulit. Selain karena kondisi Indonesia sedang dalam masa jajahan, media untuk mendapat berita masih sangat minim.

Tahun 1945 Indonesia menyatakan kemerdekaan dan berdaulat. Sejak saat itu nama Hindia Belanda tak lagi mewarnai Indonesia, induk sepak bola yang awalnya NVB berganti ke tangan PSSI.

Piala Dunia 1938 Hindia Belanda sebenarnya Hindia Belanda tidak lolos sejak awal. Namun karena Jepang mengundurkan diri maka pengganti perwakilan Asia terpilih adalah Hindia Belanda. Ketika terpilih, Hindia Belanda bahkan awalnya tidak ingin mengenakan seragam oranye yang identik dengan Belanda.

Baca Juga : Jadwal Piala Dunia U 20 Indonesia Resmi Ganti Total – Ekings

Leave a Reply