PIALA DUNIA

Piala Dunia FIFA 1938 Italia Dapat Gelar Sebelum Perang – Ekings

piala dunia fifa 1938 - Ekings

Piala Dunia FIFA 1938 Italia Dapat Gelar Sebelum Perang. Piala Dunia FIFA 1938 berlangsung di bawah bayangan perang saudara antara Spanyol. Tahun 1938 Prancis terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia yang mana dua tahun seblumnya raksasa Amerika Selatan yakni Argentina dan Uruguay mengumumkan boikot.

Finalis Piala Dunia pertama menyakini bahwa jatah tuan rumah harus berganti antara Eropa dan Amerika Selatan. Tim Italia juga menimbulkan kontroversi dengan membuat hormat fasis sebelum kickoff dan memilih untuk mengenakan warna hitam sebagai kostum tandang.

Vittorio Pozzo pelatih Italia ikut mendapat dampak besar dengan berhasil menulis namanya di antara pelatih legendaris. Ia memimpin Italia meraih gelar juara dunia kedua berturut dan juga medali emas olimpiade tahun 1936 sebelum Perang Dunia II pecah.

Piala Dunia FIFA 1938 Indonesia Ikut Tampil

Menariknya selain Italia yang akhirnya mendapat gelar juara, Indonesia ikut tampil dalam edisi tersebut. Namun Indonesia masih menggunakan nama Hindia Belanda.

Mereka lolos ke partai final sementara tim Asia lainnya mengundurkan diri. Turnamen ini mencetakkan gol yang menyenangkan sebagai tontotnan. Bahkan enam laga harus berlanjut ke babak adu penalti karena laga belum berlangsung.

Sayangnya Piala Dunia ketiga berjalan dengan penuh ketakutan. Edisi ini akhirnya menjadi edisi terakhir sebelum Piala Dunia berlanjut kembali 12 tahun setelahnya.

Pertandingan Piala Dunia sejak awal memiliki daya tarik tersendiri. Terakhir kali Piala Dunia berlangsung adalah tahun 2022 dengan Qatar sebagai tuan rumahnya. Sayang sekali Indonesia yang tampil pada edisi 1938 dengan nama Hindia Belanda tak tercatat lagi tampil dalam edisi berikutnya.

Penampilan Hindia Belanda juga kurang bagus saat itu. Hindia Belanda harus terbantai oleh lawannya yakni Hungaria dan harus pulang ke Indonesia dengan catatan kekalahan telak.

Tampil sebagai tim Asia pertama yang tampil namun Indonesia justru tidak bisa tampil bagus. Terakhir kali Indonesia menjalani kualifikasi edisi 2022 mereka berakhir sebagai juru kunci.

Piala Dunia FIFA 1938 nampaknya jadi satu-satunya edisi Piala Dunia yang memberikan kesan terbaik untuk Indonesia. Pasalnya Indonesia dengan nama Hindia Belanda tercatat sebagai perwakilan Asia pertama. Meski penampilannya kurang bagus tapi Hindia Belanda cukup jadi sorotan.

Baca Juga : Kutukan Piala Dunia dan Mitos yang Menghantui – Ekings

Leave a Reply