PIALA DUNIA

Piala Dunia 1962 Panggung untuk Garrincha – Ekings

piala dunia 1962 - Ekings

Piala Dunia 1962 Panggung untuk Garrincha. Piala Dunia 1962 menjadi edisi Piala Dunia yang tak terlupakan dan merupakan panggung untuk Garrincha. Tahun tersebut merupakan tahun kedua Brasil berhasil meraih gelar juara dunia.

Tuan rumah tahun 1962 adalah Amerika Selatan, Chile dan Brasil tampil sebagai juara bertahan. Empat tahun sebelumnya di Swedia Pele debut di Piala Dunia saat usianya 17 tahun.

Akan tetapi pada tahun 1962 Pele mengalami cedera usai laga kedua fase grup lawan Cekoslowakia. Ketika Pele menepi, Garrincha muncul sebagai bintang utama Timnas Brasil.

Ada 16 tim yang ikut tanding di tahun 1962 yang mana perwakilan Eropa menjadi yang paling banyak. Sejak awal babak grup, Brasil sudah menunjukkan performa terbaiknya.

Brasil menjadi juara Grup 3 menghadapi Inggris pada perempat final. Garrincha mencetak dua gol lalu Vava mencetak satu gol. Melaju ke semifinal Brasil berjumpa tuan rumah Chile.

Tanding dengan 76.000 penonton akhirnya Brasil menang 4-2 atas Chile. Garrincha dan Vava tampil sebagai dua pencetak gol kemenangan hingga mengantarkan Brasil ke partai final.

Piala Dunia 1962 Final Brasil

Brasil saat itu nyaris kalah melawan Cekoslowakia. Pada 15 menit awal pertandingan Cekoslowakia berhasil unggul dari segi gol namun Brasil membalas cepat lewat Amarildo.

Zito membawa Brasil membalikkan keadaan dengan menjebol gawang Cekoslowakia pada menit ke-69. Vava kemudian mengunci kemenangan Brasil lewat golnya pada menit ke-78.

Vava dan Garrincha mengemas empat gol sepanjang turnamen. Brasil akhirnya meraih gelar juara Piala Dunia sekaligus menjadi tim kedua yang mampu mempertahankan trofi setelah Italia tahun 1934 dan 1938.

Menariknya lagi sampai tahun 2022 Brasil tercatat sebagai tim paling banyak meraih juara Piala Dunia. Brasil mampu mengalahkan Jerman, Argentina dan Italia dalam mencapai gelar juara.

Atas pencapaian ini Brasil terkenal sebagai tim kuat kelas dunia. Banyak bintang lahir dari Brasil contohnya sekarang ada Neymar Jr yang membela klub PSG.

Piala Dunia 1962 menjadi salah satu bukti tanda Brasil menjadi tim kuat. Konsistensi Brasil tampil memukau di lapangan membuat mereka menjadi kandidat kuat juara hampir di setiap edisi.

Baca Juga : Piala Dunia U 20 FIFA 2021 yang Tertunda Sampai 2023 – Ekings

Leave a Reply