PIALA DUNIA

Jadwal U20 Indonesia Batal Ini Kronologinya – Ekings

jadwal u20 indonesia - Ekings

Jadwal U20 Indonesia Batal Ini Kronologinya. Jadwal U20 Indonesia yang sudah terancang untuk Piala Dunia batal total. FIFA resmi mencopot status tuan rumah milik Indonesia pada Rabu (29/3/2023). Sebelumnya posisi Indonesia memang terancam menyusul keputusan FIFA membatalkan undian fase grup.

Penolakan Pemerintah Provinsi Bali menerima kehadiran Timnas Israel menjadi penyebab utama FIFA membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah. Untuk lebih memahami alur terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah sampai tercabut, berikut kronologinya.

Jadwal U20 Indonesia Lini Masa

Indonesia mendapat kepastian menjadi tuan rumah sejak empat tahun lalu. Selanjutnya pada Oktober 2019 Indonesia resmi menjadi tuan rumah mengalahkan kandidat kuat seperti Brasil dan Peru.

Lanjut ke Desember 2020 pandemi Covid-19 membuat Piala Dunia U20 2021 tertunda. Jadwal baru Piala Dunia U20 mundur ke tahun 2023 dengan Indonesia tetap sebagai tuan rumahnya.

Jadwalnya berlangsung pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Juni 2022 Israel kalah dari Inggris pada final Euro U-19 2022. Sebagai runner up Israel berhak tampil di Piala Dunia U20 2023 di Indonesia.

Tragedi Kanjuruhan berlangsung pada Oktober 2022 dan berpengaruh pada keputusan FIFA selanjutnya. Saat itu FIFA tidak memberikan sanksi apa pun ke Indonesia dan tetap memilih Indonesia sebagai tuan rumah.

Persiapan stadion berlanjut, perwakilan FIFA juga datang untuk melihat perkembangan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah. Sampai pada Februari 2023 Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI setelah adanya tragedi Kanjuruhan.

Fokus utama Erick adalah persiapan Piala Dunia U20. Semua persiapan berjalan lancar sampai Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kehadiran Israel sebagai peserta.

Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menyuarakan hal yang sama. Tanggal 25 Maret 2023 situasi mulai memanas, FIFA membatalkan undian fase grup yang akan berlangsung 31 Maret 2023 di Bali.

29 Maret 2023 menjadi puncak tragedi tersebut karena FIFA resmi membatalkan status Indonesia menjadi tuan rumah. Gejolak penolakan Israel menimbulkan kontroversi di tanah air.

Singkatnya jadwal U20 Indonesia tetap terlaksana di waktu yang sama namun tuan rumahnya ganti ke Argentina. Pertengahan Mei sampai Juni nanti Argentina akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Baca Juga : Piala Dunia Antar Klub 2025 Bocoran Pembagian Klub – Ekings

Leave a Reply