PIALA DUNIA

Seputar Piala Dunia Suka Duka Jadi Tuan Rumah – Ekings

seputar piala dunia - Ekings

Seputar Piala Dunia Suka Duka Jadi Tuan Rumah. Membahas seputar Piala Dunia tentu menarik dari berbagai sisi termasuk suka duka menjadi tuan rumah. Tiap edisi Piala Dunia posisi tuan rumah selalu jadi rebutan, untuk edisi terakhir yakni tahun 2022 Qatar yang terpilih.

Terdapat 32 tim yang datang sebagai peserta. Penggemar dari seluruh belahan dunia juga datang untuk menikmati kompetisi paling bergengsi tersebut.

Qatar menjadi salah satu tuan rumah yang penuh kontroversi sejak awal terpilihnya. Mulai dari isu mengenai kasus ribuan pekerja yang jadi korban pembangunan fasilitas hingga isu pelanggaran HAM terhadap perempuan.

Di sisi lain Qatar merupakan tuan rumah yang mengeluarkan anggaran fantastis untuk Piala Dunia. Dana Rp3000 triliun lebih Qatar keluarkan untuk pembangunan venue dan akomodasi lainnya.

Terpilihnya Qatar menjadi tuan rumah merupakan kesempatan kedua bagi benua Asia terpilih. Sebelumnya pada tahun 2002 Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah sebagai perwakilan Asia.

Seputar Piala Dunia Syarat Jadi Tuan Rumah

Perebutan untuk duduk sebagai tuan rumah tidak lah mudah. Calon tuan rumah harus memenuhi sejumlah persyaratan. Pada proses awal tuan rumah harus menyebutkan visi dan misi jika terpilih serta media dan pemasarannya.

Bukan hanya itu saja calon tuan rumah juga harus menjelaskan secara detail kondisi ekonomi, politik dan lainnya. Segala aspek jadi pertimbangan termasuk keamanan dan keselamata karena menyangkut masyarakat seluruh dunia yang datang.

Nantinya jika sesuai dengan kriteria maka pencalonan atau kandidat akan maju ke Sidang FIFA untuk masuk tahap evaluasi. Penilaiannya ada tiga aspek yakni kepatuhan, tingkat risiko dan evaluasi aspek teknis.

Sebagai tuan rumah tentu mendatangkan banyak manfaat jangka panjang. Salah satunya adalah penawaran sektor pariwisata secara tidak langsung. Budaya negara tuan rumah juga akan lebih terkenal di mata dunia.

Hanya saja tuan rumah juga memiliki duka. Jika tuan rumah tidak memiliki anggaran yang cukup maka perayaan turnamen tidak akan semeriah tuan rumah lain dan itu akan jadi perbandingan.

Info seputar Piala Dunia terus bermunculan termasuk tuan rumah untuk edisi 2026. Pada edisi tersebut tuan rumah terpilih datang dari tiga negara sekaligus yang menjadi terobosan baru.

Baca Juga : Pemain Terbaik Piala Dunia 2010 dari Uruguay – Ekings

Leave a Reply