PIALA DUNIA

Piala Dunia Gagal di Indonesia Ini 5 Dampaknya – Ekings

piala dunia gagal di indonesia - Ekings

Piala Dunia Gagal di Indonesia Ini 5 Dampaknya. Piala Dunia gagal di Indonesia memberikan dampak di berbagai sektor. Meski banyak yang mengatakan bahwa olahraga dan politik tidak boleh saling ikut campur tapi faktanya tetap ada saling keterkaitan.

Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Kegagalan ini menjadi pukulan besar bagi sepak bola Indonesia setelah sempat terjadi Tragedi Kanjuruhan yang memakan banyak korban jiwa.

Sepak bola Indonesia kini sudah punya citra buruk di mata dunia. Lalu apa dampak buruk lainnya yang Indonesia rasakan usai batal menjadi tuan rumah? berikut penjelasannya.

Piala Dunia Gagal di Indonesia Merugikan Negara

Jelas negara terdampak dari sisi finansial. Ini menjadi dampak pertama yang paling terlihat pasalnya sejak 2019 pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan anggaran besar-besaran untuk pembangunan stadion dan lainnya.

Setidaknya anggaran yang pemerintah keluarkan sebesar Rp900 miliar untuk Piala Dunia U20 2023. Belum lagi Kementerian PUPR ikut terlibat dan mengeluarkan dana senilai Rp575 miliar untuk perbaikan infrastruktur termasuk penanggulangan sampah.

Kerugian di atas belum termasuk dengan kerugian yang klub rasakan. Persija, Bali United, Persebaya, Persis merelakan markas mereka jadi venue pertandingan. Sebaliknya, Argentina selaku tuan rumah pengganti justru sangat menghemat biaya sebagai tuan rumah.

Dampak kedua adalah Indonesia bisa terkucilkan dari komunitas internasional. Bagaimana masyarakat hingga petinggi di Indonesia masih kokoh membela Palestina membuat citra Indonesia sebagai negara kaku terjadi.

Masih dalam hal finansial, dampak ketiga adalah potensi pemasukan triliunan yang menjadi rencana awal saat Indonesia jadi tuan rumah gagal. Justru Indonesia harus menanggung kerugian besar.

Dampak selanjutnya adalah mental para pemain Timnas Indonesia U20 yang down. Mereka sudah menghabiskan waktu bersama Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan selama beberapa tahun. Harapan tampil dalam ajang Piala Dunia akhirnya gagal begitu saja.

Terakhir dampak rasa kecewa masyarakat. Pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah bahkan menjadi kontroversi masyarakat karena ada yang membela da nada yang menentang.

Piala Dunia gagal di Indonesia merupakan sejarah buruk bagi Indonesia. Tapi dari sini sepak bola Indonesia harapan ke depannya semakin berbenah apalagi setelah adanya Tragedi Kanjuruhan yang memakan banyak korban.

Baca Juga : FIFA Piala Dunia U20 Argentina Lolos 16 Besar – Ekings

Leave a Reply