PIALA DUNIA

Piala Dunia Indonesia Catat Sejarah Buruk Tahun 2023 – Ekings

piala dunia indonesia - Ekings

Piala Dunia Indonesia Catat Sejarah Buruk Tahun 2023. Piala Dunia Indonesia U20 tahun 2023 yang seharusnya melibatkan Indonesia sebagai tuan rumah akhirnya batal. Insiden buruk ini menjadi sejarah yang memalukan dalam dunia sepakbola tanah air.

Mirisnya lagi FIFA memutuskan pembatalan tuan rumah Indonesia satu bulan sebelum laga berlangsung. Indonesia sudah menyiapkan banyak hal sebagai venue pertandingan dan lainnya termasuk persiapan para pemain.

Ada enam kota yang awalnya menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan yakni Jakarta, Palembang, Bandung, Solo, Surabaya dan Bali. Persiapan mengenai tuan rumah terpilih sudah keluar sejak tahun 2019.

Terdapat 24 tim sudah mendapat tiket untuk tanding di Indonesia. Salah satunya ada Israel selaku runner up Euro U-20 2022. Mereka lolos pada Juni 2022 setelah kalah dari Inggris di babak final.

Karena invasi yang Israel lakukan terhadap Palestina akhirnya beberapa pihak menolak masuknya Israel ke Indonesia. Hal ini wajar lantaran Indonesia merupakan negara yang pro dengan kemerdekaan Palestina.

Terlebih lagi pada Piala Dunia senior, Rusia yang menginvasi Ukraina sudah FIFA coret dari daftar peserta. Terkait kebijakan yang tidak FIFA berlakukan sama terhadap Israel tentu ada yang perlu jadi tanda tanya.

Piala Dunia Indonesia Gagal Jadi Sejarah Memalukan

Apung Widadi selak Founder Save our Soccer menilai bahwa gagalnya Indonesia sebagai tuan rumah menjadi sejarah memalukan. Bukan hanya di kawasan sepak bola saja namun di mata dunia juga.

Meski alasan utama FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah karene penolakan Israel, namun Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan banyak korban juga terseret sebagai alasannya. Kontroversi mengenai batalnya Indonesia sebagai tuan rumah akhirnya memanas.

Ada yang berpendapat bahwa penolakan Indonesia merupakan hal yang wajar. Pasalnya Indonesia merupakan negara yang pro dengan kemerdekaan Palestina. Justru ketika Indonesia menerima Israel artinya Indonesia mengakui keberadaan Israel sebagai suatu negara.

Batalnya Indonesia sebagai tuan rumah memang memalukan. Tapi di sisi lain, hal ini menunjukkan bahwa Indonesia punya prinsip teguh terhadap negara yang mereka bela.

Piala Dunia Indonesia yang gagal tahun 2023 menjadi pembelajaran. Baik dari sisi pemerintah dan dunia sepak bola. Poin pentingnya, masyarakat harus saling mendukung dan kembali menaikkan semangat para pemain timnas U20 yang mentalnya drop.

Baca Juga : Piala Dunia Gagal di Indonesia Ini 5 Dampaknya – Ekings

Leave a Reply