PIALA DUNIA

Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Karena Ini – Ekings

indonesia gagal jadi tuan rumah piala dunia - Ekings

Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Karena Ini. Kabar Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia tentu menjadi kabar yang tidak bagus untuk Indonesia. Namun ada satu sisi menarik dari alasan kenapa Indonesia sampai gagal menjadi tuan rumah.

Gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah ini tak lain dan tak bukan karena menolak Israel masuk ke Indonesia. Indonesia merupakan negara yang pro dengan kemerdekaan Palestina, jadi sangat masuk akal saat menolak Israel.

Media Israel sempat menyebut Indonesia sebagai negara yang terbelakang. Selain itu media Israel juga memuji setinggi langit keputusan FIFA mencabut status tuan rumah dan menggantinya ke Argentina.

Pencabutan status tuan rumah memang termasuk menyakitkan. Tapi di sisi lain Indonesia patut bangga karena memiliki pendirian yang kokoh atas apa yang mereka bela.

Kejadian Indonesia menolak Israel dalam ranah sepak bola bukan hanya terjadi kali ini saja. Tahun 1958 Indonesia tercatat sebagai peserta Piala Dunia namun FIFA mencoretnya lantaran Indonesia tidak mau tanding lawan Israel.

Apakah perlakukan Indonesia kepada Israel ini berlebihan?. Jawabannya tidak, karena FIFA sendiri sempat memblokir negara yang melakukan invasi yakni Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Sedangkan Israel, FIFA tidak memberlakukan aturan yang sama sehingga justru pihak FIFA yang terlihat memiliki standa ganda. Mengenai alasan pencabutan status tuan rumah Indonesia, FIFA juga tidak menyebutkan detail alasan hanya menyebut menimbang kondisi terkini di Indonesia.

Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Ini Dampaknya

Soal dampak jelas ada. Kini Indonesia mendapat citra buruk dalam dunia sepak bola. Tapi masih ada beberapa negara yang membela dan sependapat bahwa keputusan yang Indonesia ambil sudah tepat.

Kerugian anggaran, dan dari segi fisik orang-orang yang terlibat dalam persiapan Piala Dunia U20 di Indonesia jelas tak terhitung. Para pemain Timnas Indonesia U20 menjadi pihak yang paling merasakan dampaknya.

Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia memang memalukan. Tapi akan lebih malu jika Indonesia tidak punya konsistensi terhadap negara yang Indonesia akui kemerdekaannya yakni Palestina. Melihat ke belakang Palestina juga lah yang tanpa ragu mengakui kemerdekaan Indonesia di masa lalu.

Baca Juga : Indonesia Masuk Piala Dunia Tapi Pakai Pakai Nama Lain – Ekings

Leave a Reply