PIALA DUNIA

Piala Dunia Sejarah Maskot dari Negara Pencetus Hingga Kemunculan Maskot Unik

piala dunia sejarah maskot

Piala Dunia Sejarah Maskot dari Negara Pencetus Hingga Kemunculan Maskot Unik. Pada Piala Dunia sejarah maskot dari masa ke masa memiliki ceritanya tersendiri. Inggris menjadi tuan rumah pertama yang akhirnya membuat ide kehadiran maskot dalam ajang kompetisi empat tahunan tersebut.

Meski Piala Dunia sudah berjalan sejak tahun 1930, kehadiran maskot pertama kalinya muncul pada tahun 1966.

Itulah saat Inggris menjadi tuan rumah dengan mengusung maskot bernama Willie. Gambaran Willie ialah anekdot berupa singa yang menggunakan pakaian dengan lambang bendera kesatuan Inggris.

Inspirasi kartun tersebut muncul dari sosok illustrator anak Reg Hoye. Lalu berlanjut ke tahun 1970 ketika Meksiko menjadi tuan rumah yang akhirnya memperkenalkan maskot dengan nama Juanito.

Dari tahun ke tahun akhirnya maskot bermunculan dengan karakter penuh nilai di dalamnya.

Pemilihan maskot juga sesuai dengan khas negara yang saat itu menjadi tuan rumah. Bahkan pernah sayuran khas negara mereka yaitu cabai Jalapeno menjadi maskot yang namanya adalah Pique.

Selain sayuran, hewan juga menjadi icon atau maskot. Jika Inggris memilih singa maka Prancis pada tahun 1998 memilih ayam jantan bernama Frootix sebagai maskotnya.

Saat itu ada tiga maskot sekaligus yang memiliki nama tersendiri mulai dari Ato, Kaz dan Nik. Mereka semuanya adalah imajinasi dari dunia internet bahkan sempat ada fim pendek yang menceritakan maskot tersebut.

Piala Dunia Sejarah Maskot Baru La’eeb

Masuk ke Piala Dunia 2022 yang menunjuk sosok maskot khas negara Arab yakni jubah putih lengkap dengan penutup kepala sorban. Qatar memberikan nama maskotnya tersebut dengan panggilan La’eeb.

Arti dari La’eeb adalah pemain. Pemain berarti juga salah satunya adalah pemain sepak bola yang akan tampil dengan maksimal pada Piala Dunia 2022 FIFA.

Gambaran lengkal La’eeb ialah sosok kartun jubah putih yang tersenyum ceria mengenakan sorban di atas kepalanya.

Banyak yang menganggap jika maskot tersebut sebagai gambaran hantu ‘Casper’ sebagai maskotnya. Ciri khas putih melayang mirip dengan Casper sehingga anggapan itu adalah hantu dari para korban imigran yang mengerjakan proyek di Qatar.

Pada Piala Dunia sejarah maskot di setiap tahunnya memiliki cerita yang berbeda-beda. Inggris yang jadi pelopor adanya maskot sukses pertahankan budaya itu hingga sekarang.

Ekingsindo punya bonus welcome 100% live casino. Siapapun kalian bisa mengklaimnya!

Baca Juga : Piala Dunia Alex Morgan Peraih Sepatu Silver Piala Dunia 2019

Leave a Reply