PIALA DUNIA

Kenapa Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023 – Ekings

kenapa indonesia batal jadi tuan rumah piala dunia u20 - Ekings

Kenapa Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023. Kenapa Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 memang harusnya jadi tanda tanya. Meski FIFA sudah merilis pernyataan resmi, namun dalam rilis tersebut FIFA tidak menyebutkan alasan sesungguhnya dengan jelas.

FIFA hanya menuliskan ‘kondisi terkini’ Indonesia yang tidak memungkinkan untuk jadi tuan rumah. Jika merujuk pada kata tersebut maka mengartikan bahwa ada dua kondisi besar di Indonesia yang membuat Indonesia gagal menjadi tuan rumah.

Pertama karena Tragedi Kanjuruhan yang berlangsung pada 1 Oktober 2022. Tragedi tersebut menewaskan banyak korban akibat ulah oknum polisi yang menembakkan gas air mata di dalam stadion.

Sepakbola Indonesia tercoreng setelah kejadian tersebut. Namun saat itu FIFA belum mencabut status tuan rumah Indonesia bahkan menjanjikan akan ikut memperbaiki kultur sepakbola Indonesia.

Persiapan berlanjut sampai bulan Maret 2023. Ketika drawing Piala Dunia U20 akan berlangsung di Bali, sejumlah tokoh menyuarakan menolak Israel ikut sebagai peserta.

Wajar jika Indonesia menolak Israel jika mengingat Indonesia merupakan negara yang pro dengan kemerdekaan Palestina. Dari kejadian itu, FIFA memutuskan mengundur jadwal drawing sampai akhirnya FIFA mengumumkan pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah.

Kenapa Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 Terjawab

Dua kejadian di atas menjadi alasan utama kenapa akhirnya tuan rumah Piala Dunia U20 2023 pindah ke Argentina. Berbeda dengan Indonesia, Argentina menerima Israel dengan tangan terbuka.

Pertandingan Piala Dunia U20 akhirnya berlangsung dengan lancar sampai Uruguay keluar sebagai juara. Meski batal menjadi tuan rumah tapi Indonesia tidak perlu kecil hati.

Pada Juni 2023, Indonesia mendapat kesempatan tanding lawan Argentina dalam gelaran FIFA Matchday. Kemudian FIFA juga sudah memutuskan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 menggantikan Peru.

Setidaknya, dua kompetisi penting di atas menjadi obat dari kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah. Kenapa Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U 20 2023 sudah terjawab dengan keterangan di atas. Kini tinggal menunggu Indonesia menjadi tuan rumah level U17.

Baca Juga : Klasmen Piala Dunia U20 5 Tim Garang Babak Grup – Ekings

Leave a Reply