PIALA DUNIA

Kontroversi VAR Piala Dunia U17 dalam Laga Ekuador vs Maroko – Ekings

kontroversi var piala dunia u17 - Ekings

Kontroversi VAR Piala Dunia U17 dalam Laga Ekuador vs Maroko. Kontroversi VAR Piala Dunia U17 akhirnya terjadi di Indonesia selaku tuan rumah. Piala Dunia U17 2023 menggunakan VAR sebagai salah satu media penunjang agar pertandingan berjalan lancar.

Sayangnya penggunaan VAR di Indonesia juga tuai kontroversi layaknya penggunaan VAR di luar negeri. Contohnya saja di Liga Inggris edisi 2023/2024 ini banyak sekali kontroversi VAR dan membuat dua wasit kena sanksi berat.

Kini VAR juga Indonesia gunakan sesuai dengan standar FIFA untuk menjalankan pertandingan Piala Dunia U17. Kontroversi terjadi dalam laga Ekuador vs Maroko di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Maroko awalnya jadi tim unggulan di Grup A namun akhirnya Maroko hanya bisa imbang saat lawan Ekuador. Justru Ekuador tampil impresif mengandalkan Michael Bermudez mencetakkan brace atau dua gol ke kandang lawan.

Kekalahan dari Ekuador menjadi pukulan mundur bagi Maroko yang sangat berharap bisa bermain dengan baik. Kontroversi VAR ada ketika Bermudez mencetakkan gol perdana lewat titik putih.

Pertandingan berlangsung seimbang bahkan Maroko jauh lebih baik pada babak pertama. Akan tetapi akhirnya mereka mengendurkan tekanan dan Ekuador bisa memanfaatkannya dengan baik.

Memasui menit ke-60 insiden penalti Maroko terjadi dan keputusannya cukup kntroversial. Wasit VAR yang bertugas memutuskan terjadinya pelanggaran meski kontak fisik terjadi dengan sangat minim.

Kontroversi VAR Piala Dunia U17 Akan Lebih Banyak

Begitulah pertandingan ada kalanya kejadian kontroversi terjadi begitu saja di lapangan. Said Chiba memberikan komentar usai laga brlangsung dan menunjukkan indikasi bahwa Maroko masih optimis bisa lolos ke babak 16 besar.

Chiba juga mengakui Ekuador bukan lawan yang mudah sehingga timnya kewalahan menghadapi Ekuador. Beruntung saat jumpa Ekuador matchday pertama Indonesia masih bisa imbang.

“Mereka bermain sangat bagus, babak pertama kami luar biasa, mengontrol pertandingan. Namun sayanya kami tidak bisa mencetak gol di waktu yang tepat,”ucap Chiba.

Kontroversi VAR Piala Dunia U17 yang terjadi bukan hanya sekali dua kali. Pasti ada lagi nantinya keputusan wasit VAR atau bahkan wasit di lapangan yang menjadi kontroversi.

Baca Juga : Piala Dunia U17 Iran Butuh Indonesia Lagi dalam Laga Lawan Inggris – Ekings

Leave a Reply